Blackmores Pregnancy & Breastfeeding sahabat ibu untuk hasilkan ASI Bernutrisi



Ma, bagaimana pengalaman mama selama menyusui si kecil? Kadang merasa bahagia kadang dibuat melow karena bisa sambil merenungkan apa yang sudah kita berikan untuk si kecil sudah maksimal. Menyusui menjadi satu alasan dimana Tuhan memberikan kesempatan kepada para ibu untuk membe rikan kasih dan cinta untuk anaknya. Melalui menyusui, ada aliran darah yang mengalir, ada denyut nadi yang menyatu dan tatapan mata yang menghanyutkan semua menjadi cinta. 

Memang pengalaman menyusui saya yang pertama bisa dibilang kurang baik karena sebagai ibu baru yang sangat membutuhkan segala informasi dan dukungan dari segala pihak yang harus terpenuhi. Melalui sebuah pesan singkat saya kepada teman saya, "Ra, aku sedih. Asinya sedikit" begitu isi pesannya di tahun 2016. 

Banyak diantara kita yang akhirnya menyadari bahwa menyusui bukanlah hal yang mudah. Menyusui itu adalah cara untuk ibu memberikan yang terbaik untuk masa depan anak. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjadikan momen menyusui menjadi lebih bahagia dan sukses. Mendapatkan support sistem dari pasangan hidup, orangtua serta lingkungan menjadi landasan terbantunya proses menyusui yang menyenangkan. Ibu perlu mempersiapkan diri dengan pengetahuan, aku mulai mencari ilmu menyusui sejak masa kehamilan. Segala informasi yang cukup valid dapat dengan mudah ibu dapatkan melalui jejaring sosial ataupun jurnal umum di pencarian. 

COBAAN DATANG SILIH BERGANTI TAPI IBU TETAP MENGADAPINYA...

Terdengar ekstrem tapi seperti itulah realita dalam menyusui. Saya mencoba membuka pikiran mengapa saya seprerti ini? Mengapa saya mengalah pada situasi yang seperti ini? ASI sedikit apakah saya harus menangis? terbangun dari mimpi buruk saya pun mengelilingi dunia maya mencari tahu apa penyebab asi sedikit tanpa saya harus memberikan ASI untuk si kecil. 

LAKTASI! Ya saya melihat, mendengar, dan mendapatkan kata ini setiap kali saya bertanya atau saya mencari jawaban daripertanyaan saya kenapa ASI sedikit. Tertampar pada satu pertanyaan "Apakah ibu sudah benar peleketannya?" Hah? Bukannya menyusui hanya seperti itu saja ya. Saya keliru selama ini, pelekatan sangatlah penting dalam proses menyusui bahkan ini sebagai kunci kesuksesan menyusui.



Menurut Dr. Meta, Pelekatan saat menyusui seperti gambar diatas : 1) Dagu menempel ke payudara ibu; 2) Mulut terbuka lebar; 3) Bibir bayi terlipat keluar dan 4) Sebagian Aerola ibu harus masuk ke dalam mulut bayi. Wah sulit ya, tidak Ma. Jika Aerola ibu masuk ke dalam mulut bayi, ASI yang keluar pun bisa maksimal. 

Aaaaahhh sakit sekali, benar ya Ma. Bukan karena digigit bayi tapi karena puting mulai lecet. Inilah cobaan kedua para ibu. Puting yang lecet akan sering dijumpai karena adanya tekanan saat menyusui ataupun memompa ASI. Meringis kesakitan hampir dilalui para Ibu. Terkadang produksi ASI bercampur dengan darah tapi ibu tetap berjuang menahan rasa sakit itu. Wah cukup terharu ya bisa melalui masa-masa sulit menyusui itu. Jadi rindu yaaa

Rasanya kalau hanya 2 belum cukup menggambarkan suasana menyusui ya Ma. Cibiran teman dan kompetisi adalah satu diantara ribuan cobaan lainnya. Haha lucu memang namun inilah yang selalu dialami para ibu. Memang bukan ASI yang sampai 2 Freezer yang dibutuhkan bayi namun ASI yang bernutrisi yang sangat dibutuhkan si kecil terutama di 1000 hari pertamanya. Tidak jarang memang kompetisi berlangsung "Yeay pulang kerja bawa 10 kantong ASI dengan 250ml perkantong" begitulah sautannya di grup yang isinya ibu-ibu yang sedang berjuang memberikan ASI kepada buah hatinya. 

Inilah kompetisi yang saya maksudkan. Memang sekilas bukan kompetisi namun perasaan ibu satu dengan ibu lainnya tidaklah bisa disamakan. Mulailah dengan memberi semangat yang baik agar para ibu rela berjuang dan berkorban untuk memberikan ASI bernutrisi untuk buah hatinya karena cinta. 


3 Poin Penting Dalam Sukses Menyusui

Inget nggak sih kalau dulu kita lagi bingung suka lupa poin apa aja yang harus dipenuhi. Nah, seperti menyusui ini Mama juga harus tau dan harus bisa menjaga 3 poin ini agar bisa berjalan dengan baik. Apa saja yaaaa??

1. DISIPLIN 

Ya benar semua orang harus disiplin. Karena disiplin kunci kesuksesan. Mulai dari Mama duduk di bangku sekolah pastikan yang disiplin yang akan bisa pulang duluan kenapa harena disiplin adalah cara kita meraih kesukssan dan keinginan. Dalam menyusui disiplin yang seperti apa yang harus kita jalani ya Ma. Disiplin pada waktu, anak tidak bisa menahan rasa laparnya. Stop memberi jarak waktu pada bayi untuk menyusui. Mama biasakan mendisiplinkan diri untuk waktu menyusui. Oh, dia masih haus. Yuk kita minum ASI dulu yaa nanti kita main lagi. Jangan lupa setelah memberikan ASI mama perlu memompa payudara Mama agar lebih mudah kosong sehingga akan terkirim sinyal ke otak bahwa produksi ASI harus segea dimulai. 

2. NUTRISI

Mama harus bisa mengelola asupan yang harus dan perlu mama konsumsi ya. Dari sinilah ASI bernutrisi terbentuk. Apa yang dibutuhkan tubuh Mama selama masa menyusui, ya karbohidrat itu perlu, protein ini sangat perlu, nabati mama pun perlu juga yaa mengkonsumsi nya, mineral nah ini paling perlu karena ASI berbahan dasar air dan vitamin mama bisa mendapatkannya dari beberapa bahan makanan lainnya. 

3. DUKUNGAN 

Papa nya lagi apa ya sekarang? hehe gak perlu repot repot papanya suruh pelajarin jurnal dunia per-ASI an ya mah kasian udah capek kerja di kantor kan ya. Dukungan yang paling dekat dari Mama ya hanya papa benar apa benar? Suami bisa diajak kerjasama yang ringan aja jangan yang berat kasian. Seperti apa sih dukungan dari suami? Mama suka kan dipijitin ya dong boleh nih didiskusikan sama papa, "Pah boleh ya kalau nanti aku pegel-pegel tolong dipijitin" mereka akan pilih itu ketimbang mama suruh mereka baca jurnal atau artikel tentang menyusui. 



Balik lagi ke cerita, Temanku memang bukan ahli dalam dunia per-asian tapi pengalamannya dalam menyusui 3 orang anak membuat aku harus menjadikannya sebagai guruku. Tidak lama kemudian, temanku hadir dengan senyum yang sengaja diukir di wajahnya dan membawa sebuah goodie bag. Mulai dari sini lah aku bertemu sahabatku. Benar, sahabat yang menemaniku dalam memberikan ASI Bernutrisi untuk ketiga buah hatiku. Semua dimulai dari sebuah botol merah muda dengan kaplet berwana hitam kaya akan vitamin. 



Benar Ma. Blackmores Pregnancy and Breasfeeding Gold lah sahabat saya selama ini hingga bisa memberikan ASI Bernutrisi hingga usia mereka 2 tahun. Selain, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan enak pastinya sebagian ibu sibuk dengan memilih ASI Booster ini dan itu dan hampir semua aku sudah coba selama tiga kali menjalani proses menyusui. Menarik sekali bukan? Akhrinya kembali lagi ke sahabatku ini karena ibu menyusui perlu 17 kandungan yang alami dan baik bagi tubuh. Formulasi dari Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold dibuat khusus dengan rasa cinta dan kasih untuk memnuhi kebutuhan ibu hamil dan ibu menyusui. 

Mengapa yaa Ibu hamil dan Menyusui perulu mengkonsumsi vitamin? ASI bernutrisi tidak bisa terproduksi hanya dengan minum air hehehe benar karena tubuh butuh asuopan yang baik. Mama juga harus mengkonsumsi makanan yang bergisi dan juga enak pastinya. Aku suka banget makan ikan pakai sayur dan tempe goreng waah kenikmatan yang hakiki lho siang-siang makan ini. Sambel boleh gak? tapi takut anaknya diare. Wahai ibu - ibu yang kucintai, dalam proses produksi ASI tidaklah langsung berubah dari sambal menjadi ASI. Tuhan menciptakan organ dengan berbagai fungsinya. Apa yang Ibu konsumsi akan melalui proses filtrasi dimana jaringan dan organ pada payudara ibu akan mengolah makanan dan nutrsisi yang ibu dapatkan menjadi ASI yang bernutrisi. 

Terkadang dari makanan yang kita konsumsi saja apakah mengandung 17 vitamin lainnya seperti zink dan lainnya Ma? Oleh karena itu, Ibu hamil dan menyusui perlu mengkonsumsi vitamin tambahan seperti Blackmores Pregnancy and Breasfeeding Gold yang mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan ASI bernutrisi hingga 2 tahun. Kalau ASI kita diserap oleh anak apakah ibu akan mudah merasa kelelahan dan mungkin bisa juga akan merasa lapar. Iya benar, mengkonsumsi air yang cukup memberikan energi tambahan untuk ibu dan nutrisi yang terkandung dalam 1 kaplet Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, dan menjaga ibu dari resiko anemia serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu. 

APA SAJA YANG TERKANDUNG DALAM BLACKMORES PREGNANCY AND BREASTFEEDING GOLD?
  • Asam Folat yang tinggi. Asam folat mempunyai peran penting dalam kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Asam folat dapat mencegah dari resiko anemia pada ibu hamil dan menyusui. 
  • Tinggi Kalsium untuk sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil serta menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu
  • Zat Besi adalah nutrisi yang baik untuk memberikan ektra tenaga untuk ibu agar tidak mudah merasa kelelahan
  • Omega 3 yang tidak berbau sehingga saat ibu mengkonsumsi tidak akan merasa mual. Dan Omega 3 sangat penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik lagi kadarnya. 

Dalam menyukseskan World Breastfeeding Week 2020, semua ibu akan mengambil kesempatan untuk berbagi baik secara cerita ataupun bentuk nyata dalam kehidupan. Seperti Kalbe Blackmores Nutrition berusaha memberikan edukasi dan informasi seputar ASI kepada semua ibu hamil dan menyusui diseluruh Indonesia dalam berbagai aktivitas yang mengedukasi baik secara konkrit maupun media sosial instagram @blackmoresid. Kalbe Nutritions menyadari bahwa pemberian ASI bernutrisi pada bayi baru lahir hingga usia 2 tahun adalah hal yang perlu dijalani dan patut disupport. 

Dengan penuh rasa bangga atas cerita para ibu menyusui dalam pemberian ASI bernutrisi, Kalbe Blackmores Nutritions dengan Yayasan Bumi Sehat yang merupakan yayasan non-profit yang berfokus dalam penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis serta pengupayaan kelahiran anak secara layak. Komitmen in berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breasfeeding Gold setiap tahunnya di seluruh klinik Bumi Sehat yaitu Aceh, Denpasar dan Papua. Wah saya jadi bersemangat nih berbagi cerita dan pastinya ingin sekali bisa berpartisipasi jika Blackmores mengadakan kegiatan sosial lainnya. 

Semoga cerita dan pengalam serta sedikit tips menarik yang saya bagikan disini dapat memberikan semangat baru bagi ibu hamil dan menyusui lainnya. Jangan lupa untuk terus mengikuti segala informasi seputar ASI di Instagram @blackmoresid ya :)

Komentar