Sprei Waterproof, Benda Wajib Saat Proses Toilet Training

Oktober 04, 2019

Walaupun aku baru memulai proses toilet training saat usia si kakak 3 tahun bagi aku ini bukan hal yang telat karena proses toilet training harus dengan kesiapan antara orangtua dan juga anak. Anak harus siap menjalani prosesnya karena ini bentuk adaptasi yang baru bagi mereka. Kesiapan setiap anak pun berbeda, ada yang bisa memulai saat usia 18 bulan, 2 tahun bahkan 5 tahun. Ini bukan berarti salah ya, memang kita harus menahan ego karena yang menjalani ya anak utu sendiri. Oleh karena itu, cobalah cari waktu yang tepat untuk memulai proses toilet training! 

Sebelumnya sempet nanya di grup komunitas ku, "Gimana sih ngajarin anak toilet training?". Kebanyakan saran dari buibu di grup mereka pakai Mattress Protector atau biasa disebut Sprei Waterproof. Jujur aja aku bingung milih Mattress Protector yang beneran bagus karena banyak banget di online shop maupun e-commerce yang ngejual benda ajaib ini. Pas banget lagi nyari sprei waterproof, aku baca review nya mama Chua Kotak ngebahas dari Mumzjoy yaitu Premium Mattress Protector. Alhamdulillah, happy banget ketemu jawaban dari segala kegundahan aku selama ini karena ini bakal bermanfaat banget selama proses toilet training. 

Pas dulu belum pernah liat bentuk aslinya sprei waterproof, bayangan aku ya atas bawah bahannya dingin karena ada lapisan yang bisa menahan air. Setelah punya Mumzjoy Premium Mattress Protector, asli ini bahan atas sama bawah beda lho Moma. Aku mau sharing ke kalian produk dari Mumzjoy yaitu Premium Mattress Protector. Semoga review ini bisa bermanfaat ya Moma! 



TIPS MEMILIH SPREI WATERPROOF

  1. Perhatikan serat kain pada sprei waterproof. Penggunaan serat kain alami akan terasa lembut ketika disentuh sehingga nyaman saat digunakan untuk si kecil
  2. Pilihlah sprei waterproof yang terbukti anti-alergi sehingga si kecil tidak akan mengalami masalah pada kulitnya
  3. Bahan bagian luar dan dalam harus berbeda, karena bagian yang mampu menampung air harusnya berada dibagian dalam sehingga pada bagian luar tidak menimbulkan rasa dingin ketika terkena air
Mattress Protector ini bisa juga disebut Sprei Waterproof, yang kita tau sprei waterproof itu pasti kedap air, sehingga ketika kita menuangkan cairan atau terkena ompol si kecil cairan tersebut tidak akan tembus membasahi kasur. Pemilihan Sprei Waterproof nggak bisa sembarangan, harus jelas, aman dan nyaman ketika digunakan. Moma bisa baca review ini sebelum mencari Sprei Waterproof ya! 

🌼 KEMASAN

Kata siapa jangan menilai sesuatu dari luarnya. Kalau beli sesuatu atau barang ya harus dilihat juga dari kemasannya. Jangan sampai Moma membeli kucing dalam karung. Untuk produk Mumzjoy Premium Mattress Protector ini yang aku suka dari cara pengemasannya karena dengan plastik yang cukup tebal dan bening walaupun tidak boleh dibuka kemasannya kita bisa melihat langsung isi di dalamnya seperti kualitas bahan dan tekstur kainnya. Di bagian depan dan juga bagian belakang kemasan terdapat informasi yang detail tapi mudah dipahami tentang keunggulan produk dan bagi aku ini helpful banget secara kita kalau belanja jarang banget baca detail kan. 


🌼 BAHAN

Walaupun belinya online, saya kasih jempol deh sama kualitas bahan produk ini mantab betul! Saya juga beli tuh merek lain yang ada di e-commerce, tapi saya bandingin sama punya Mumzjoy ini beda banget. Kalau yang saya beli di e-commerce nggak ada mereknya, bahannya dingin, dan agak berisik ketika bergesekan dengan kulit. Berbeda dengan Mumzjoy Premium Mattres Protector sekilas dari kasat mata seperti bahan handuk tapi ketika disentuh bahannya lembut dan nggak menimbulkan suara berisik ketika bergesekan, bahan bagian dalam ini lapisan penahan air yang juga menggunakan bahan berkualitas tinggi jadi top banget nggak tembus ke kasur.

Walaupun bahannya tebal tapi nggak panas jadi si kecil bisa tidur dengan nyaman tanpa kegerahan. Warna sprei waterproof Mumzjoy memang hanya ada satu warna yaitu putih tapi ini memberikan kesan mewah kayak di hotel-hotel. Uniknya ketika bagian luar nya terkena air atau ompol biasanya kan berbekas ya tapi nggak berlaku untuk Mumzjoy Mattress Protector ini, walaupun basah dan sudah aku keringkan dengan bantuan kipas angin beneran nggak ada bekas kena air atau bercak gitu. Jadi cukup mudah dalam perawatannya.

Tekstur bahan bagian luar

Sprei waterproof ini menutupi semua permukaan kasur baik sisi atas maupun sisi samping kasur.  Lapisan atas dan samping juga dengan bahan yang berbeda, bahan yang menutupi bagian samping kasur lebih tipis dan dilengkapi dengan karet untuk menjaga kebersihan kasur dan kerapihan sprei saat diaplikasikan. Bagian sampingnya atau tinggi kasur bisa tertutup hingga 32 cm jadi walaupun kasur Moma tebal banget masih bisa tertutup. 

Menutupi hingga seluruh permukaan kasur

Terdapat karet yang dijahit pada bagian bawah sprei

Ukurannya ada nggak yang untuk kasur Queen (160 x 200 cm)? Tentu ada. Mumzjoy Premium Mattress Protector tersedia dalam dua ukuran yaitu 160 x 200 x 30 cm (untuk kasur Queen) dan 180 x 200 x 30 cm (untuk kasur King). Kalau untuk kasur anak biasanya 120 x 200 kan ya, itu bisa pakai yang 160x200 Moma nanti kelebihan sprei nya bisa diselipkan ke bagian bawah kasur. 

🌼 KEUNGGULAN

Memang penggunaan pelindung kasur sering direkomendasikan untuk mereka yang memiliki alergi terhadap tungau dan debu. Tungau dan debu menghasilkan kotoran yang mengiritasi lapisan saluran udara dan paru-paru dan pelindung kasur alergen yang terbungkus kasur alergen dapat memberikan perlindungan ekstra antara pengguna dan kasur mereka. 

Mumzjoy Premium Mattress Protector ini buatan China tapi dari segi kesehatan ini THE BEST banget sih. Terdapat lapisan penyaring tungau dan debu sehingga anak-anak terbebas dari alergi saluran pernapasan maupun kulit. Selain itu ada 5 keunggulan dari produk ini yaitu Anti Kutu, Anti Tungau dan Debu, 100% mampu menahan cairan, Anti Alergi, dan Kemampuan Bahan Bisa Bernapas.

Ini penting banget kita tau keunggulan dari suatu produk, poin paling penting dari 5 keunggulan diatas yaitu Hypoallergenic atau anti alergi. Kita tau bahwa kondisi udara saat ini sudah sangat tidak sehat, untuk menjaga kesehatan keluarga kita harus mulai dari dalam rumah. Sprei waterproof Mumzjoy ini tidak menimbulkan alergi sehingga sangat aman digunakan oleh semua usia baik bayi baru lahir maupun dewasa serta dari latar belakang kesehatan apapun.


UJICOBA MUMZJOY PREMIUM MATTRESS PROTECTOR

Penasaran banget, ini kalau kena air bakal kayak gimana. Akhirnya aku coba tumpahin air ke mattress protector ini dan lihat hasilnya...... 


Ketika dituang air awalnya akan menjadi gelembung air seperti air yang ada diatas daun

Air ini akan menyerap pada bagian luar saja 

Kelihatan kan ya bagian atas/luar itu basah tapi ternyata tidak menembus bagian kasur

*Disini aku sengaja pakai sprei biasa supaya kelihatan kalau tembus pasti sprei warna ungu ini akan basah

CARA PERAWATAN MATTRESS PROTECTOR

Demi kenyamanan dan kesehatan, mattress protector harus dirawat dengan cara yang tepat dan benar. Di kemasan produk ini dijelaskan cara mencuci dan merawatnya. 

Kalau aku sendiri, ketika siang aku menjemur nya dibawah sinar matahari tidak terlalu lama karena saat ini cukup panas kurang lebih 5 menit saja sudah kering bagian atasnya. Untuk mencucinya, aku tidak menggunakan mesin walaupun di kemasan tertulis bisa menggunakan mesin cuci dan pengeringnya. Aku memilih cuci pakai tangan untuk lebih detail dan maksimal. Setelah itu bisa diberi pewangi pakaian tapi tidak boleh menggunakan pemutih pakaian ya Moma. Setelah itu bisa dikeringkan menggunakan mesin cuci kemudian di jemur. Ada larangan nya, mattress protector ini tidak boleh di setrika karena akan merusak lapisan penahan air di bagian dalam sprei. Mudah kan merawatnya? 



Buat Moma yang penasaran dan ingin memiliki Mumzjoy Premium Mattress Protector ini bisa dibeli di Tokopedia Baby Bum Shop atau di instagram @BabyBum_Shop (di klik aja ya Moma). Ini recommended banget buat menemani masa toilet training dan tidur akan lebih berkualitas! 


Happy Shopping, Ma! 


You Might Also Like

21 komentar

  1. Mattress protector harus dengan perawatan ya , setidaknya dijemur di bawah sinar matahari hanya 5 menit saja ya mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tentu mom karena khawatir juga kalau terus basah bagian atasnya. Jadi kalau siang aku jemur deh

      Hapus
  2. Kak inka, membaca artikel kakak aku jadi menemukan pencerahan sekali. Anak aku yang pertama memang lagi proses toilet training dan kulitnya oun sensitif. Dulu sempat kena scabies dikarenakan tungau. Dan sungguh sejak saat itu aku freak membersihkan tempat tidur. Ternyata salah satu pencegahannya bisa dari sprei mumzjoy ini ya. Aku save loh artikel ini karena sungguh aku butuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh ya ampun alergi ya kak, iya alhamdulillah aku pakai mattress protector ini juga bagus buat kesehatan supaya tetap bersih jd jauh dr tungau

      Hapus
  3. Aku pengen beli ini mbak, soalnya si kecil lagi toilet training dan butuh seprei yg nyaman dan tidak berbulu. Rekomendasi yg baik untuk saya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau artikel ini jadi bermanfaat, iya memang aku agak sulit ketemu mumzjoy ini karena diluaran banyak yang jual tapi tidak recommended lah

      Hapus
  4. Wow, sprei wayerproof ini cocoknseksli digunakan bagi si kecil yang baru belajar toilet training

    BalasHapus
  5. tertarik pake sprei waterproof gini karena punya bayi, tapi belum coba masih cari referensi apa nyaman buat bobo ngga

    BalasHapus
  6. Ini kalau di tidurin kaya sprai biasa kan yaa, kak...?
    Gak ada sensasi kaya nidurin plastik yang bunti kresek-kresek...?

    BalasHapus
  7. Lengkap ya, ada 5 keunggulan dari Mumzjoy yaitu Anti Kutu, Anti Tungau dan Debu, 100% mampu menahan cairan, Anti Alergi, dan Kemampuan Bahan Bisa Bernapas, beneran bikin para Bunda yakin bakal milih sprei waterproof ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh iya lengkap dan terjamin mutu nya, aku pun kaget sih bisa nemu sprei waterproof kayak gini.

      Hapus
  8. ini nih yg lg saya butuhkan. zril lagi belajar nih biar toilet training nya lancar. saya suka was2 tembus jd pakai banyak perlak. zril kurang nyaman. huhu... butur sprei waterproof ini

    BalasHapus
  9. Jadi ingat dulu pas masa - masa usia anakku balita, seprei waterproof jadi andalan hehe, soalnya pas toilet training anak suka ngompol pas bobo siang

    BalasHapus
  10. aku juga pakai seprai waterproof nih mba walaupun anak udah 4 tahun, anaknya kadang mimpi lagi pipis, trus ngompol deh :D sepertinya merek yang Mumzjoy ini lebih bagus yaa, mba. Mau coba cek di olshop nya ah buat ganti-ganti. Makasih sharingnya mba :)

    BalasHapus
  11. Sprai waterpof ini juga cocok buat anak kecil yg sering ngompol ya mom, reviwenya berguna nih buat nanti kalo baby ku udh lahir. Dulu dipasaran ada sprai waterpof tapi bahanya beda sama yg dirimu review yg dulu itu gerah, ini kayanya katun gitu ya ada embos2nya. Harganya mahal gak?

    Sukses ya toilet trainingnya!

    BalasHapus
  12. wah baru tau ya ada sprei waterproof ... maklum anak-anak udah gede jadi nggak update perlengkapan bayi.. ini bisa jadi alternatif buat ngasih kado nih kalo ada temen yg lahiran.. bermanfaat soalnya

    BalasHapus
  13. Kalau punya anak bayi memang cocok ya sprei waterproof ini, jadi pas bobo tetap tenang gak basah kena ompol

    BalasHapus
  14. Sudah lama kepingin beli buat Azzam, entah kenapa akhir-akhir ini kok jadi sering ngompol, padahal sekarang sudah 5 tahun usianya.
    Terimakasih atas informasinya ya Mba

    BalasHapus
  15. Enak ya mbak, kedap air tapi permukaan atasnya kain. Jadi nyaman kalau di atasnya kayak seprei biasa. Biasanya dipakein seprei lagi gak sih?

    BalasHapus
  16. Hmm, menarik nih. Aku masih belum PD nyuruh Rio lepas diapers kalau bobo hahaha. Kayanya perlu ini deh. Makasih mbaak reviewnya :D

    BalasHapus
  17. Baca ini aku langsung tertarik mbaa dengan pengen kepoin deh hahahaaha. Soalnya pas banget anakku juga lagi on process toilet training, huhu. Membantu banget nih

    BalasHapus

Like us on Facebook

Popular Posts