Bebeland Hadir Untuk Mengasah Rasa Peduli Anak dan Mendukung Daya Pikir Anak

September 12, 2019

Memiliki seorang anak itu adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada kita sebagai orang tua. Harapan orangtua pasti menginginkan anak tumbuh cerdas agar mampu bersaing di masa depan. Akan tetapi, cerdas aja tidak cukup untuk jadi pribadi yang sempurna. Kenapa begitu? Anak yang tumbuh sempurna dalah anak yang memiliki tubuh yang sehat, daya pikir yang baik serta rasa peduli yang tinggi. 

Ketika saya berlibur ke Jepang, saya menghampiri seorang anak kecil di pemberhentian bis. Saya takjub karena anak kecil ini sangat cepat tanggap dengan lingkungannya. Saat itu ada seorang nenek tua yang sedang menunggu bus, ketika bus tiba anak tersebut langsung membantu nenek untuk berdiri dan membantunya hingga nenek itu naik bis bahkan sampai nenek itu duduk di bangku penumpang. Saya berpikir jika saya punya anak nanti saya akan mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu. 

Ternyata saat pengaplikasian pada kehidupan nyata itu sulit. Alhamdulillah saya dan suami segera berkonsultasi dengan seorang psikolog untuk mengetahui bagaimana cara pengasuhan yang benar. Anak-anak sangat dekat dengan kegiatan bermain, benar bukan? Iya benar sekali. Psikolog yang kami datangi menyarankan agar kami lebih mengedepankan masa emas nya dengan kegiatan bermain. Banyak sekali jenis permainan yang mampu mengasah rasa peduli serta daya pikir si kecil. Kami pun menerapkan berbagai permainan di rumah serta catatan kecil yang diberikan kepada kami. 

Dalam mendukung rasa peduli anak, Bebelac menghadirkan BEBELAND, wahana permainan edukatif dan interaktif untuk berbagi inspirasi tentang pentingnya pengembangan rasa peduli seiring daya pikir untuk mendorong si Kecil menjadi Anak Hebat. 

Credit by @teeadnu

Bebeland diselenggarakan di Summarecon Mall Bekasi pada hari Sabtu-Minggu, 7-8 September 2019. Anak-anak sangat antusias dan menikmati seluruh permainan yang terdapat di Bebeland. Dalam hal menentukan jenis permainan, Bebelac bekerjasama dengan Psikolog Anak Roslina Verauli, M.Psi., dan menghadirkan 15 permainan edukasi dalam 3 area besar, yaitu BebeTown, BebeSea, dan BebeForest. Melalui pengalaman interaktif di Bebeland, diharapkan orang tua dapat berperan lebih aktif dalam mengembangkan aspek kecerdasan emosi dan kecerdasan intelektual anak di usia satu tahun ke atas, usia dimana berbagi aspek kecerdasan si kecil berkembang dengan sangat pesat. 

Psikolog Anak, Roslina Verauli. M.Psi 

Sebagai seorang psikolog anak, Roslina Verauli, M.Psi menekankan bahwa dengan empati dan rasa peduli, anak-anak mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain, bersimpati hingga melihat dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain.

"Dengan mengembangkan rasa peduli, si Kecil mampu memiliki perilaku prososial, yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. Hal inilah yang perlu diasah sejak dini seiring dengan kemampuan daya pikir si Kecil, agar si Kecil mampu menyikapi sebuah permasalahan serta memberikan solusi yang tepat dan penuh empati.” Jelas Verauli.

Hampir semua permainan yang terdapat di Bebeland sudah Embun rasakan dan saya pribadi menyaksikan berbagai bentuk empati yang dia tampilkan. Karena semua permainan di Bebeland sudah dirancang dengan alur cerita “masalah - solusi”, dimana si Kecil dilatih untuk mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu, sebelum kemudian diajak melatih daya pikirnya untuk cepat tanggap memberi solusi yang berguna bagi sekitarnya. 

Saat Embun bermain di zona BebeSea, Embun diajak melihat suatu permasalahan yaitu keadaan dimana dua temannya tersesat di suatu pulau, lalu apa yang akan dia lakukan? Ya benar, disitu terdapat sebuah perahu lengkap dengan teropong dan pelampungnya. Pada permainan ini, si kecil diajak untuk  mencari solusinya agar teman-temannya selamat dengan cara menyelamatkan teman menggunakan perahu. Akan tetapi, saat proses penyelamatan akan ada lagi masalah yaitu ada sebuah batu yang menghalangi jalan menuju pulau serta hadirnya seekor ikan paus tetapi dengan penuh semangat dan rasa peduli yang tinggi, Embun mampu berpikir mencari jalan agar Ia sampai di pulau dengan selamat.  


Saat Embun berusaha menyelamatkan teman yang tersesat di pulau

Helping Friends, permainan yang mampu mengasah rasa peduli dan daya pikir si kecil

Misi pertama selesai, Embun masih penasaran dengan permainan lainnya. Sekarang menuju ke BebeTown. Nah disini ada banyak sekali permainan, di BebeTown terdapat permainan Light the City, Build the Bench, Fix the Gears, Move the Log dan Save the Animal. Penasaran kenapa ada sepeda ya, ternyata sepeda ini digunakan untuk menghidupkan kembali listrik yang padam di sebuah kota agar aktivitas di kota dapat berjalan kembali. Dari masalah ini, si kecil diminta untuk mengayuh sepeda agar listrik kembali hidup. 

Permainan Light The City

Alhamdulillah sekarang listrik di kota sudah hidup kembali. Kali ini Embun penasaran dengan sebuah misi yaitu Move The Log. Secara kasat mata seperti melatih kesadaran si kecil agar nantinya ketika Ia berada di luar dan melihat sebuah balok menghalangi jalan maka Ia akan menggeser atau memindahkan balok tersebut agar jalanan tidak terganggu. 

Permainan Move The Log

Satu permainan yang membuat Embun tertarik, yaitu Save The Animal. Permainan ini mengasah rasa peduli anak ketika melihat seekor kucing yang terluka, anak-anak diminta untuk berprofesi sebagai seorang dokter menyelamatkan seekor kucing yang mengalami luka pada bagian kakinya. Disini anak-anak berpikir  untuk menemukan cara dalam mengobati luka pada kaki kucing. 

Permainan Save The Animal

Karena di Bebeland banyak sekali permainannya, Embun puas sekali bermain seharian disini. Di setiap permainan, si kecil akan diminta paspor untuk dicap, jika semua misi telah selesai dan si kecil berhasil menyelesaikan masalah dari setiap permainan, akan ada reward berupa badge yang lucu dan menarik untuk si kecil. Wah seru ya permainan yang ada di Bebeland! 


Badge digunakan sebagai rewards agar si kecil lebih bersemangat

Di kesempatan yang sama, Jonathan Frizzy bersama istrinya sebagai orang tua dari 3 orang anak menyampaikan keinginannya untuk membesarkan anak hebat. “Sebagai orang tua, saya sadar bahwa pada usia di atas satu tahun, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi dan sosial berkembang sangat pesat. Pada masa inilah saat yang tepat bagi saya sebagai orang tua memperhatikan asupan nutrisi anak agar ia dapat tanggap secara intelektual, emosi, dan sosial. Untuk itu, saya akan selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka untuk membantu mereka selalu siap dalam menerima stimulasi untuk mengasah rasa peduli dan daya pikir sejak dini.”


Lebih lanjut Jonathan mengatakan, “Saya mulai melakukan stimulasi rasa peduli si Kecil dengan mengajarkan anak mengungkapkan perasaan, memiliki rasa peduli terhadap lingkungan sekitar, hingga melakukan aksi kecil yang bermanfaat bagi orang lain. Saya sangat mengapresiasi Bebelac melalui kegiatan BebeLand ini, karena dapat menginspirasi kita sebagai orang tua tentang bagaimana mengasah rasa peduli dan daya pikir si Kecil melalui berbagai permainan edukatif yang tersedia dan juga dapat mengajak anak untuk memahami banyak situasi sosial di sekitarnya serta dapat bersosialisasi dengan anak-anak seusianya.”


“Melalui kegiatan BebeLand ini, kami berharap dapat mendorong dan menginspirasi lebih banyak orang tua untuk dapat memberikan stimulasi yang seimbang dengan mengasah aspek rasa peduli seiring dengan daya pikir si Kecil, sehingga semakin banyak anak Indonesia yang tumbuh menjadi Anak Hebat, yang punya rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi.” Tutup Deska

Selain digelar di Summarecon Mall Bekasi, kegiatan BebeLand juga akan hadir kembali di Tunjungan Plaza Surabaya pada 28-29 September 2019 dan Plaza Medan Fair pada 26-27 Oktober 2019. Yuk catat tanggalnya dan hadir ke Bebeland di kota mu ya 





Untuk informasi lebih lengkap : 
Instagram : @bebeclub


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Popular Posts