Rumah Zakat Beri Solusi Optimalkan Daging Qurban Mu

Juli 10, 2019


Kebanyakan masyarakat masih belum mengetahui makna berqurban sesungguhnya. Para ulama telah menjabarkan syarat sah seseorang boleh berqurban ialah seorang Muslim yang telah dewasa dan berakal serta ibadah berqurban ini menjadi suatu kewajiban jika orang tersebut telah mampu. Akan tetapi, masih ada segelintir masyarakat yang belum bisa melaksanakan ibadah qurban setiap tahun karena merasa belum mampu padahal dalam kehidupan sehari-hari Ia dirasa telah mampu. 

Perlu diingat kembali janji Allah bahwa, bersedekah tidak akan membuat kamu jatuh miskin justru Allah janjikan sebuah kenikmatan yang luar biasa dibalik ini. Seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Qur'an, Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39). 


Sebagai warga milenial yang kesulitan mencari celah atau waktu senggang dalam pencarian hewan qurban, aku merasa terbantu akan hadirnya terobosan inovasi dari Rumah Zakat melalui program SUPERQURBAN yang telah hampir 19 tahun merealisasikan program tersebut. Cukup lama bukan? Mengapa baru mendengarnya? Iya karena mensosialisasikan sebuah program yang tidak pernah diketahui masyarakat menjadi sebuah kendala bagi Rumah Zakat. Justru hal ini dijadikan sebuah tantangan dalam mengedukasi masyarakat agar lebih tepat dalam mengoptimalkan daging Qurban. 



Apa itu Superqurban?

Mungkin sebagian masyarakat belum terlalu familiar mendengar program Superqurban dari Rumah Zakat tapi ternyata program ini telah mendistribusikan lebih dari 1 juta paket daging qurban di seluruh Indonesia hingga manca negara sebagai bantuan kepada mereka yang menghadapi bencana dan musibah. 

Superqurban adalah program optimalisasi qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi cadangan pangan dari protein hewani dalam bentuk makanan siap saji berupa kornet atau rendang. Proses tersebut dilakukan sesuai syariah yang dicontohkan pada zaman Nabi. Hewan qurban dipilih yang sudah sesuai dengan kriteria hewan qurban seperti umur, kondisi tubuh harus sehat, dan tidak ada cacat berdasarkan pengawasan dewan syariah dan dokter hewan. 

Lalu kapan hewan qurban ini dipotong? Pemotongan hewan qurban dilakukan di hari raya idul adha dan tiga hari tasyrik. 

Mungkin kalian akan bertanya daging qurban itu diprosesnya seperti apa? Jadi setelah kita melakukan akad qurban, Rumah Zakat akan memilih hewan qurban yang sesuai dan langsung di proses dengan beberapa tahapan mulai dari pemotongan, pengolahan hingga pengemasan menjadi makanan siap santap yang akan didistribusikan ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia dengan kriteria sebagai berikut :
Superqurban Sebagai Solusi Ketahanan Pangan

Daging qurban seharusnya bisa didistribusikan secara tepat kepada mereka yang membutuhkan. Sebagai negara yang rawan akan bencana alam, program Superqurban sebagai pencetus inovasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Kenapa? Makanan adalah hal utama yang dibutuhkan masyarakat yang tertimpa musibah maupun bencana alam. Dengan mengikuti program Superqurban melalui Rumah Zakat kita telah melakukan dua kebaikan sekaligus yaitu ibadah berqurban dan membantu sesama. 



Daging qurban yang telah diberikan donatur akan diolah menjadi makanan siap santap yang melalui proses berstandar tinggi dan teknologi yang telah tersertifikat sehingga menghasilkan cadangan pangan yang bersih, sehat dan halal yang dapat bertahan hingga tiga tahun. Cadangan pangan ini akan menjadi sebuah benda yang dapat menyelamatkan kehidupan masyarakat yang membutuhkan baik itu korban bencana alam maupun korban perang di negara lain. Tentunya Rumah Zakat telah mendistribusikan daging qurban yang telah dikemas menjadi cadangan pangan hingga ke luar negeri seperti Palestina, Suriah, Myanmar, dan Bangladesh bersama kementrian luar negeri. 

Superqurban Telah Meraih Penghargaan 
Percaya nggak sih solusi Superqurban kayak gini tuh bener-bener ngebantu kita masyarakat milenial yang pengen beribadah qurban di bulan Dzulhijjah tapi ngga sempet ngurusin cari hewan qurban atau bahkan ngolah daging qurban. Yes! Inovasi Superqurban yang digulirkan sejak tahun 2000 ini telah mendapat apresiasi dari berbagai pihak salah satunya Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pengolah dan Pengemas Daging Qurban Pertama di Indonesia. Menurut saya, Superqurban tuh the best banget karena disini kita sebagai orang yang turut berqurban diberikan banyak fasilitas dan kebaikan lainnya seperti kemudahan dalam bertransaksi. 



Jika dirasa belum mampu berqurban jangan khawatir, di Rumah Zakat ada program menabung untuk pembelian hewan qurban yang dapat kalian pilih sesuai kemampuan. Hal ini sangat memberikan kemudahan bagi kaum milenial agar tetap menyisihkan sedikit dari penghasilannya untuk beribadah di Jalan Alllah swt. Tentunya fasilitas lainnya seperti sertifikat bagi yang telah berqurban juga akan diberikan loh bersamaan dengan hak dari hasil olahan daging qurbannya yang dikirimkan melalui jasa pelayanan jual beli online. 

Denger program Superqurban kayak gini jadi mulai diniatin nih ambil program nabung hewan qurban agar idul adha tahun ini dan setiap tahunnya dapat terlaksana melalui program Superqurban ini. Buat kamu yang masih penasaran banget sama program ini langsung cari infonya disini ya. Yuk mulai sadari akan manfaat dari sedekah melalui Superqurban! 

website : Rumah Zakat
Instagram : Rumah Zakat


























You Might Also Like

19 komentar

  1. Terimakasih infonya, sukses terus ..

    BalasHapus
  2. Inovasinya bagus banget ya mba, hewan qurban langsung di olah jadi bahan makanan yang bisa tahan lama. Jadi bisa di distribusikan ke tempat2 yang jauh untuk orang2 yang memang layak untuk menerima bantuan ini. Super banget sesuai namanya superqurban.

    BalasHapus
  3. Superqurban bisa jadi solusi bagi masalah kerawanan pangan di masyarakat

    BalasHapus
  4. Wah dapat sertifikat juga ya setelah berqurban. Sertifikat ini fungsinya untuk apa ya mbak?

    BalasHapus
  5. Masya allah aku baru kalo super qurban itu pendistribusiannya seperti itu, dibentuk kedalam tempat yang praktis dan save ya kak. Keren ini. Aku masih belom paham awalnya

    BalasHapus
  6. Lewat daging olahan dari super durban dapat dikatakan mempermudah distribusi ke yang membutuhkan ya, sehingga kualitas daging Kurban pun tetap terjaga

    BalasHapus
  7. Saya suka dengan program qurban dari Rumah Zakat. Lebih bisa menjangkau hingga pelosok. Selain itu dengan dibikin jadi makanan siap santap jadinya semakin memudahkan yang menerimanya

    BalasHapus
  8. Super qurban membuat daging kurban bisa dikirm sampai ke pulau2 terpencil di Indonesia y mba sehingga pada bisa menikmati daging kurban

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah sudah mau Idul Adha lagi ya. Sekarang mah gak ada ceritanya daging kurban tidak termanfaatkan ya, Alhamdulillah Superqurban ini bisa memperlama daya tahan daging sehingga proses distribusinya juga bisa lebih luas. Ikut bangga deh sama usaha Superqurban ini

    BalasHapus
  10. Baru tahu nih du Rumah Zakat ada program Superqurban yang bisa menjangkau pendistribusian daging kurban hingga ke pelosok. Keren deh, kerennya lagi di RZ juga dibuka program menabung untuk berkurban. Jadi kita bisa juga ikut menabung untuk kurban di sini ya Mbak?

    BalasHapus
  11. Ini nih yang harusnya banyak digunakan saat berqurban. Soalnya kadang suka jomplang ya yang dapet daging qurban itu. Yang dapet banyak sampe berlebih ada, sementara yang gak dapet sama sekali juga banyak. Kalo disalurkan ke Rumah Zakat kayak gini kan bisa merata bahkan hingga ke pelosok.

    BalasHapus
  12. Wah inovasi baru ya, daging kurban dengan diolah dan dikalengkan jadi semakin awet. Semakin tahan lama sehingga bisa sampai ke yang berhak dalam jangka waktu lebih lama juga.

    BalasHapus
  13. Program hewan qurban yg sudah di masukkan dalam kaleng lebih mempermudah distribusinya ya kak, bayangin yg tempatnya pelosok sampe rentan kerusuhan kalau harus distribusi hewannya langsung nanti keburu mati ditengah jalan yaa, sukses buat super qurban

    BalasHapus
  14. Dengan dikemad begini maka qurban bisa dikirim sampai ke pelosok ya dan lebih menjangkau masyarakat banyak.. qurban jadi lebih bermanfaat

    BalasHapus
  15. Aku kyknya udah bbrp kali denger soal superqurban ini dan tau mereka pelopor pemberi dagung qurban dengan dijadikan makanan kalengan utk ketahanan pangan. Kalau kyk gtu jadinya bisa jd kyk lbh tahan lama ya mbak daging qurbannya.

    BalasHapus
  16. Bumil, rajin banget untuk belajar berwakaf. Senangnya ikut berwakaf dengan memberikan qurban ya.

    BalasHapus
  17. Wah bisa nabung juga ya di rumah zakat buat kurbannya. Lumayan banget nih biar nggak merasa berat kalau harus bayar tunai

    BalasHapus
  18. Super kurban memungkinkan hewan kurban termanfaatkan dalam jangka waktu yang lama, dengan jangkauan pengiriman lebih mudah dan praktis..

    BalasHapus
  19. Wah baru tau aku mba sama program kurban gini jad hewan kurbannya langsung diolah gitu?trus uang kurban yang kita keluarin jadinya berapa mba?

    BalasHapus

Like us on Facebook

Popular Posts