Optimalkan Tumbuh Kembang Buah Hati dengan Sentuhan Cinta

Juli 03, 2019




Mendengar tangisannya selalu menjadikan perasaan seorang ibu dilanda kerinduan dengan si buah hati. Pasalnya seorang working mom harus merelakan separuh waktunya untuk menabung agar masa depan si kecil lebih berwarna. Eits, bukan berarti seorang ibu pekerja tidak dapat mengoptimalkan tumbuh kembang buah hatinya ya. Bisikan lembut di telinga si kecil ketika ibu pulang pun menjadi satu cara dalam meningkatkan hubungan baik antara ibu dengan si buah hati. 

Cara mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati bisa juga melalui Sentuhan Cinta. Disini maksudnya ialah sebuah sentuhan lembut atau pijatan kasih sayang yang mampu memberikan dampak positif untuk si kecil. Pijat untuk si kecil tidak semerta-merta saat dia merasa kurang sehat ya Mom. Justru pijatan lembut yang bunda berikan setiap saat mampu mengoptimalkan tumbuh kembang dan menjadikan waktu antara bunda dan si kecil menjadi lebih berkualitas. 

Sering kali kita salah berasumsi, bahwa sanya pijat hanya dapat diberikan ketika si kecil kurang sehat. Padahal menurut penelitian yang telah dilakukan, pijat bayi dapat dilakukan kapan saja dan harus memperhatikan waktu dan kondisi si kecil seperti tidak sedang lapar atau tidak sedang menangis sehingga sentuhan lembut yang Mom berikan dapat membuat si kecil lebih rileks. Jika Mom kurang memahami cara pijat bayi yang benar, banyak sekali video tutorial yang dilakukan oleh pakar atau dokter anak yang dapat Mom lihat di media sosial. 

Sentuhan cinta berpengaruh terhadap sistem saraf karena stimulasi sensorik si kecil selama pijat telah terbukti membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat. Kegiatan pijat bayi juga menjadi menyenangkan jika dibarengi dengan bisikan lembut orangtua dan senyum serta tawa orangtua yang menandakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan. 



Seberapa pentingkah sentuhan cinta ibu melalui pijat di masa emas si kecil?

Penting atau penting banget nih Mom? Sentuhan cinta atau pijatan lembut yang Mom berikan kepada si kecil sangat penting dan berperan dalam periode emas nya. Pijatan lembut akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lebih lancar dan makanan yang dikonsumsi si kecil dapat diserap sempurna oleh tubuh. Selain itu, pijatan lembut yang Mom berikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang pada si buah hati. 

Ngebahas tentang periode emas, emang apa sih yang dimaksud dengan periode emas? Nah Mom, yang kita tahu bayi baru lahir sangat rentan terutama di awal masa kehidupannya seperti rentan terjadi gangguan dan infeksi, mudah terserang penyakit, dan gangguan saluran cerna yang disebabkan belum sempurnanya kinerja pada pencernaannya. Hal inilah yang perlu kita sadari bahwa sentuhan cinta melalui ritual pijat bayi sangat berpengaruh kepada tumbuh kembangnya. 

Sebagai orangtua kita harus memahami cara terbaik dalam merawat si kecil. Bagi seorang ibu ini adalah tantangan ketika mereka memiliki seorang anak karena ibu harus tau kebutuhan fisik dan mental si kecil. Kebutuhan fisik si kecil meliputi nutrisi dan stimulasi sedangkan kebutuhan mentalnya meliputi ikatan antara ibu dan si kecil. Kebutuhan stimulasi inilah yang menjadi poin penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati. Stimulasi harus mencakup 5 panca indera dan keseimbangan. Kegiatan stimulasi tidak harus menggunakan media pembelajaran loh Mom, stimulasi yang dapat dilakukan adalah kegiatan sehari-hari yang bisa Mom lakukan bersama si kecil seperti kegiatan mandi, makan, bermain, persiapan tidur, sentuhan dan stimulasi pijat. Pijatan lembut inilah yang memberikan banyak manfaat mulai dari manfaat fisik maupun emosional. 

Manfaat Pijat Bayi Sehari-hari 

Manfaat Fisik 
  • Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan 
  • Melancarkan sistem peredaran darah
  • Melancarkan sirkulasi pernapasan 
  • Meningkatkan sistem imunitas
  • Meningkatkan kualitas tidur 
Manfaat Emosional 
  • Bonding antara orangtua dan anak
  • Lebih mudah bersosialisasi
  • Memberikan rasa nyaman
  • Mengurangi rewel
  • Menjadikan susana hati bayi gembira
Jadi sentuhan cinta melalui ritual pijat kepada si kecil dapat Mom lakukan kapan saja dan dimana saja asal memperhatikan hal-hal berikut, diantaranya : Tidak menggunakan wewangian yang menyengat, suhu kamar terlalu ekstrim, tektur alas yang kasar, suara gaduh, dan cahaya yang terlalu terang. 

Johnson's sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama priode emas. 

Dalam menjalankan kampanye Sentuhan Cinta, Johnson's Baby bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak atau Posyandu di desa Randusongo, Gresik Jawa Timur. Kegiatan ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi dan anak yang ada di desa Randusongo dan memberikan edukasi yang terbaik untuk para orangtua. Tidak berhenti di situ saja, Johnsons Baby melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik. 



Seperti roadshow yang telah diselenggarakan di Jakarta, dokter anak Dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH memberikan informasi terkait pentingnya stimulasi kepada buah hati untuk mendukung tumbuh kembangnya. Orangtua harus memahami kondisi buah hatinya kapan Ia siap melalui stimulasi dan kapan Ia tidak siap. Sentuhan atau pijat bayi dapat dilakukan ketika bayi merasa nyaman. Oleh sebab itu, buatlah suasana yang nyaman dan menyenangkan. 



Ternyata ada juga nih pengalaman menarik dari ibu Whynne Lukman, Brand Manager Johnsons Baby dalam memberikan sentuhan cinta kepada si kecil. Pijatan lembut selalu Ia berikan saat si kecil selesai mandi dengan memberikan oil dan pijatan lembut dari wajah hingga kaki. Kegiatan ini rutin Ia lakukan setiap harinya 

Ternyata tanpa kita sadari kegiatan ringan seperti pijat bayi ini dapat kita lakukan sendiri di rumah ya Mom. Jadi semakin semangat belajar pijat bayi untuk si buah hati dong tentunya. Dan harus memastikan produk yang aman dan nyaman untuk si buah hati. 



Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website atau sosial media Johnson's Baby di bawah ini ya Mom :)

Website : Sentuhan Cinta
Instagram : @JohnsonsBaby_ID
Facebook : @JohnsonsBabyIndonesia

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Popular Posts