Festival Bunda Generasi Maju Menciptakan Pengalaman Hamil Yang Menyenangkan

Juli 26, 2019


Memasuki usia kehamilan 37 week yang artinya sudah harus bersiap dalam menghadapai proses persalinan bikin aku makin nggak sabar menyambut kehadiran si buah hati. Semakin banyak aktivitas bikin aku sering merasa lelah dan stress yang berlebih sehingga aku jadi tidak bisa mengontrol emosi dan pikiran sering gelisah. Sebagai seorang ibu hamil, nutrisi sejak awal kehamilan sangat penting dipenuhi sesuai takarannya. Akan tetapi, masih ada sebagian ibu hamil yang sering kali merasa lupa atau bahkan kurang aware dengan asupan nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati selama masa awal kehamilan. 

Bener ya Mom, kalau mau anak cerdas itu harus dimulai sejak awal kehamilan. Akan tetapi, nggak cuma nutrisi aja nih Mom yang perlu diperhatikan tetapi kondisi kesehatan Mom juga sangat penting dalam pengoptimalan tumbuh kembang buah hati di dalam kandungan hingga proses persalinan tiba. Aku suka banget ngerasa capek di trimester akhir seperti sekarang, massage tubuh bikin aku makin rileks dan lebih tenang. Nah, pas hari Minggu (21/7) kemarin, aku sama anakku pergi ke acara yang menarik banget nih bareng SGM BUNDA dan dihadiri oleh para ibu hamil lainnya di daerah Senayan, Jakarta. 

Masa kehamilan merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si kecil yang penting untuk kualitas masa depannya. Para ibu hamil perlu sekali mendapatkan edukasi dan informasi seputar kehamilan yang sehat dan pengoptimalan nutrisi selama masa kehamilan. Untuk mendukung hal tersebut, SGM Bunda menghadirkan "Festival Bunda Generasi Maju" dengan serangkaian aktivitas menarik diantaranya edukasi nutrisi, prenatal couple yoga, cooking demo aneka kuliner lezat dan bernutrisi, konsultasi dan USG, serta aktivitas relaksasi seperti totok wajah dan massage. 


SGM BUNDA juga menghadirkan edukasi seputar masa kehamilan dan menyusui secara online melalui platform sosial media yaitu Facebook SGM Bunda dan Instagram @sgmbunda yang berisi tentang edukasi dan tips tentang kehamilan, live chat dengan dokter kandungan dan ahli nutrisi, serta berbagai aktivitas menarik lainnya. 

Acara Festival Bunda Generasi Maju sudah diselenggarakan diberbagai daerah seperti Surabaya, Yogyakarta dan kali ini Jakarta. Kenapa sih SGM BUNDA menghadirkan acara Festival Bunda Generasi Maju??? Acara ini dibuat untuk memberikan edukasi seputar kehamilan dan memanjakan para ibu hamil di Indonesia agar dapat menikmati masa kehamilan dengan rasa aman dan nyaman. Hal ini juga menjadi patokan atau langkah awal SGM BUNDA menciptakan generasi maju melalui kampanye nya yang bertajuk #LangkahAwalDukungGenerasiMaju

Bunda yang hadir bener-bener dimanjakan banget, karena hanya dengan berbelanja produk SGM BUNDA aku bisa menikmati semua Area Bunda yang tersedia meliputi :
  • AREA BUNDA JAJANIni yang paling happy sih, inget banget kalau lagi hamil gini suka gampang laper. Disini aku cukup tukar passpor snack, aku bisa nikmatin jajanan sehat tanpa perlu membayar lagi.

  • AREA BUNDA SANTAI
    Di area ini aku nikmatin massage aman dari momnjo yang disediakan oleh SGM BUNDA. Setelah lelah mengikuti aktivitas di Festival Bunda Generasi Maju, aku langsung daftar dong di area bunda santai ini dan ngerasain massage tangan dan kaki dong!

  • AREA BUNDA SEHAT
    Nah, di area ini enak banget soalnya pas banget aku harus kontrol hari itu tapi karena disini ada dokter kandungan nya aku bisa langsung konsultasi sekaligus USG nengokin dedek bayi untuk memastikan kondisi janin ku sehat dan sempurna.

  • AREA BUNDA CERDAS
    Kalau di area ini, para bunda dibuat menjadi satu tim untuk belajar lagi mengenal mitos atau fakta seputar kehamilan. Dan nggak cuma games aja, disini kita juga bisa dapat hadiah pouch yang cantik.

Senang sekali di trimester akhir ini, aku bisa hadir di acara Festival Bunda Generasi Maju karena ada talkshow menarik dan informatif dari dokter spesialis kandungan, dr. Andri Hondir, Sp.OG dimana pembahasannya seputar nutrisi yang tepat selama masa kehamilan dan tumbuh kembang si buah hati selama di dalam kandungan bunda.  


Apa Saja Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil?

Mom sadar nggak sih kalau apa yang kita konsumsi itu akan diserap menjadi sari-sari makanan untuk si kecil selama masa kehamilan. Nutrisi untuk ibu hamil dikategorikan menjadi dua yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Kedua nutrisi ini sangat berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan. Kekurangan nutrisi makro maupun mikro akan berpengaruh buruk pada kesehatan ibu maupun janin. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu memenuhi kedua jenis nutrisi tersebut dengan baik dan seimbang. 

Nutrisi Makro meliputi Karbohidrat, Protein dan Lemak. Sedangkan nutrisi mikro meliputi mineral dan vitamin. Kebutuhan asam folat pada ibu hamil berbeda dengan kebutuhan wanita biasa. Asam folat mampu mencegah anemia pada ibu hamil dan mencegah bayi lahir cacat. Pada wanita tidak hamil kebutuhan asam folat sekitar 400mcg sedangkan pada ibu hamil kebutuhan asam folat meningkat hingga 600mcg. Hal ini berdasarkan penelitian yang dibuktikan karena 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami anemia dan kekurangan gizi. Ngeri juga ya Mom, jujur selama hamil aku selalu dikasih asam folat sama dokter dan rutin aku konsumsi setiap harinya. 

Anemia sangat berpengaruh pada ibu hamil dan berdampak negatif pada kehamilannya. Dokter Andri membagikan edukasi seputar efek dari anemia yang dialami pada ibu hamil diantaranya :
  • Bayi lahir prematur
  • Gagal jantung
  • Kematian bayi dalam kandungan 
  • Pendarahan berlebih 
  • Kelainan plasenta
  • Berat badan bayi lahir rendah 
Untuk mencegah semua efek ini, dokter andri menghimbau para ibu untuk selalu mengkonsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan melakukan aktivitas yang baik agar tubuh lebih banyak bergerak. 


Panduan Nutrisi Lengkap Ibu Hamil dan Menyusui
Ibu hamil maupun menyusui harus memastikan dirinya mengkonsumsi nutrisi makro dan mikro secara tepat dan seimbang. Nutrisi makro disini ada tiga yaitu:
  • Karbohidrat 
    Seorang ibu hamil harus mengkonsumsi karbohidrat sebagai energi tubuhnya yang bisa didapatkan dari beras maupun kentang untuk menghindari berat badan turun, flu, badan lemas dan resiko kurang energi kronis.
  • Protein 
    Protein bisa ibu dapatkan dari protein nabati maupun hewani seperti daging merah maupun dada ayam. Kekuranagn protein berdampak pada turunnya imunitas tubuh dan gangguan pertumbuhan sel dalam tubuh.
  • LEMAK
    Siapa bilang ibu hamil nggak boleh makan lemak? Lemak justru menjadi nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilan untuk mencegah terjadinya depresi, kekurangan berbagai vitamin dan bagus untuk menunjang perkembangan otak janin
Nutrisi mikro yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui meliputi asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin D. Keempat kandungan nutrisi ini sangat berperan penting dalam melengkapi nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Akan tetapi, sebagian para ibu hamil masih suka khawatir nih apakah kebutuhan nutrisi mikronya sudah terpenuhi atau belum. Tenang! jangan khawatir Mom, karena dengan mengkonsumsi susu dan vitamin yang diberikan dokter sudah mencukupi kebutuhan nutrisi mikro Mom selama masa kehamilan. 


Aku sendiri mengkonsumsi susu SGM BUNDA cukup satu gelas sehari, mengapa? Karena SGM BUNDA memiliki Complinutri dengan tinggi zat besi, tinggi asam folat, tinggi kalsium dan vitamin D serta mengandung minyak ikan yang sangat baik untuk mendukung kesehatan ku selama masa kehamilan dan juga mengoptimalkan perkembangan janin demi mencapai nutrisi lengkap bagi bunda dan calon anak generasi maju. 

Nah, agar ibu hamil tetap bugar dan dapat mempertahankan berat badan ideal sesuai kondisi kehamilannya, pola makan ibu hamil harus bergizi seimbang yang disesuaikan dengan aktivitas fisiknya. Aktivitas fisik memang sangat diperlukan ibu hamil guna mempertahankan kekebalan tubuhnya, aktivitas fisik yang bisa dilakukan ibu hamil yaitu Aerobic, Renang, Jalan Santai, Bersepeda, dan Yoga. Aktivitas tersebut sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk membantu mengedan saat melahirkan dan menguatkan otot-otot tubuh agar bisa merasakan persalinan dengan nyaman. Eiitts Mom, kalau dirasa Mom mengalami pendarahan, keram, atau pusing sebaikanya aktivitas fisik dikurangi dan segera konsultasikan ke dokter kandungan ya Mom. 

Ibu hamil nggak boleh dehidrasi, aku selalu khawatir kalau kurang minum cairan. Pasalnya kebutuhan cairan ibu hamil juga meningkat loh Mom! Pada ibu hamil kebutuhan cairan hariannya yaitu 300ml/hari atau setara dengan 8 gelas/hari berbeda dengan ibu menyusui yang membutuhkan 700ml/hari atau setara dengan 10 gelas/harinya. 


Ibu Riszha Ganjar, Marketing Manager SGM Bunda turut menjabarkan pentingnya nutrisi selama masa kehamilan. Melalui acara Festival Bunda Generasi Maju, diharapkan para ibu hamil mendapatkan pengalaman hamil yang menyenangkan sehingga masa kehamilan menjadi lebih lancar. Inget ya Mom, minum susu itu cukup satu gelas sehari dan pastikan Mom memilih produk susu hamil yang lengkap seperti SGM Bunda dengan Complinutri dan tinggi asam folat dan zat besi. 


Tapi suka galau ya kalau cuma dikonsumsi menjadi susu aja, Mom disini kita diedukasi juga loh dengan adanya acara cooking demo dari Chef kevin Christian dengan berbagai resep lezat dan bernutrisi seimbang. Jadi Mom bisa berkreasi membuat makanan yang enak dengan menggunakan SGM Bunda agar mom ngga mudah bosan pastinya. 

Gimana seru banget kan acara #FestivalBundaGenerasiMaju di Jakarta??? Nah buat warga Bandung jangan lupa nih karena SGM bunda akan hadir di Tegal Lega, Bandung pada tanggal 28 Juli 2019 nanti loh. 



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Popular Posts