Cara Jitu Tepis Boncos Pengeluaran Saat Ramadhan dan Lebaran

Mei 03, 2019

Hayo ngaku siapa yang suka tergoda dengan promosi apalagi saat Ramadhan dan Lebaran? Memang kebanyakan masyarakat sering kali mudah goyah pendiriannya saat berjumpa dengan monster bernama "Promosi". This is Real! 

Sejak awal sebelum berangkat menuju swalayan pastinya sudah jabarin satu-satu apa aja yang mau dibeli dan dibutuhkan selama bulan Ramadhan. Begitu tiba di swalayan tujuan, itu sale flag bergelayutan terpampang nyata bertuliskan SALE dengan ukuran font yang dibuat sebesar mungkin. Siapa yang nggak tergoda coba? 

Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata, masyarakat mulai menyibukkan diri untuk mempersiapkan menu sahur dan berbuka puasa di hari pertama. Akan tetapi, beberapa hari belakangan ini justru saya mendapati pusat perbelanjaan busana yang cukup ramai dikunjungi oleh sebagian masyarakat. Mengapa demikian? Apakah masyarakat mempunyai opini bahwa berbelanja pakaian untuk hari raya lebih baik dilakukan sebelum Ramadhan tiba? 

Singkat cerita saya bertanya-tanya dengan salah satu pengunjung pusat busana yang nampak ramai pada hari Rabu (01/05) kemarin di daerah Bekasi. Beliau mengutarakan pendapatnya bahwa berbelanja pakaian untuk hari raya memang sering Ia lakukan saat sebelum memasuki bulan puasa dikarenakan mereka sedang tidak menjalankan ibadah puasa. Jika dilakukan saat berpuasa dikhawatirkan menjadi lemas dan merasa haus. Saya rasa ini adalah keputusan yang salah bagi mereka yang tidak mempunyai tabungan "gaya hidup" di setiap bulannya. Karena berbelanja tanpa perencanaan tentu akan memangkas habis biaya harian mereka. 

Para Pembicara Di Talkshow Anti Boncos di Bulan Ramadhan Bersama Hero Group

Dengan berbagai polemik yang sering bahkan hampir setiap tahun dialami masyarakat Indonesia, PT HERO Supermarket Tbk (HERO GROUP) menggelar talkshow menarik dan edukatif dengan tema yang diangkat adalah "Anti Boncos di Bulan Ramadhan" yang berlangsung sangat komunikatif di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan. Sebuah talkshow edukatif tentu dimeriahkan oleh pembicara yang berkompeten di bidangnya diantara yang hadir pada talkshow Hero adalah pakar keuangan Ligwina Hananto (Financial Trainer & CEO of PT Quantum Magna Financial), Adinda Proehoeman selaku perwakilan Marketing Giant dan Hero, Andin Citra selaku Marketing & Media Specialist IKEA, dan Erin Arifin selaku Head of Marketing Guardian dan Bapak Hadrianus Wahyu Trikusumo selaku Direktur PT Hero Supermarket Tbk. 



Menurut bapak Hedrianus Wahyu, Bulan suci Ramadhan menjadi momen istimewa yang selalu ditunggu oleh mayoritas keluarga Indonesia dan hal itu biasanya beriringan dengan peningkatan pola konsumsi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan pengeluaran yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. memahami kebutuhan tersebut, Hero Group menawarkan solusi belanja cerdas dan ekonomis yang dapat memberikan dampak signifikan bagi keuangan pelanggan. 

Promosi bisa menjadi solusi terbaik jika dimanfaatkan dengan baik dan tepat sesuai sasaran. Bukan berarti selama Ramadhan agar pengeluaran tidak boncos, kita tidak menikmati promosi yang tersedia bahkan berusaha menutup mata dan menghindari promosi yang beredar. Cara tersebut malah bikin kamu jadi semakin perhitungan dengan budget bulanan mu sehingga menimbulkan banyak permasalahan yang lainnya. Bulan Ramadhan identik dengan semangat masyarakat dalam meraih kebaikan melalui paket bingkisan yang diberikan kepada sanak saudara saat bersilaturahim ketika lebaran tiba. Kalian bisa menggunakan promosi Beli Banyak Lebih Murah yang tersedia di Giant untuk mendapatkan lebih banyak barang dengan harga yang murah sehingga budget yang kalian sesuai untuk keperluan paket bingkisan dan tidak menyunat budget lainnya. 

"Perencanaan keuangan harus berpacu pada kemampuan financial diri sendiri, usahakan kalian memiliki tabungan "dana darurat" yang terpotong setiap bulannya dari penghasilan rutin bulanan. Dana darurat sangat membantu bila mana kamu mengalami fluktuasi pengeluaran yang begitu dahsyat sehingga bisa tertutup dengan dana darurat tapi ingat kamu juga harus me-reload kembali tabungan dana darurat tersebut" Ungkap Ligwina Hananto, Pakar Keuangan. 


Ligwina Hananto sedang memberikan tips cara jitu tepis boncos

Cara Jitu Tepis Boncos Pengeluaran

Nggak ingin kan saat lebaran kantong kering tipis sisanya recehan? Oleh karena itu, pelajari 3 Tips di bawah ini agar kamu bisa menikmati kehidupan dengan tenang dan menyenangkan saat Ramadhan dan Lebaran. 
  1. Pisahkan Keuangan Menjadi Beberapa Pos
    Dalam mengelola keuangan diperlukan kecermatan yang tinggi, pisahkan keuangan kalian menjadi beberapa pos diantaranya pengeluaran rutin bulanan, pengeluaran sosial, pengeluaran lifestyle dan tabungan dana darurat. Kalian bisa menggunakan rekening sebagai pos ataupun cara konvensional yang masih tujuh turunan di praktikkan oleh para ibu rumah tangga yaitu menggunakan amplop. Ketika pendapatan telah kamu terima, segera atur keuangan mu dan lakukan pembayarn segera. Jangan menunggu jatuh tempo!
  2. Cermat Berbelanja dan Manfaatkan Promosi 
    Pakar keuangan aja menyarankan kita buat lebih cermat berbelanja dan memanfaatkan promosi saat Ramadhan dan lebaran. Ibu Ligwina atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Wina menyarankan agar masyarakat bisa mencari peluang disaat promosi berlaku misalkan saja dengan mengambil paket hemat ataupun berbelanja kosmetik di Guardian dengan promo +1.000 dapat dua dan barang kedua nya bisa kalian jual kembali sehingga roda keuangan terus berputar dan menghasilkan pemasukan tambahan.
  3. Jujur Dengan Keuangan 
    Pak, Buk, kakak, Om, Tante yo mbok jujur aja sama keuangan. Boleh saja kamu melakukan trip keluar negeri asalkan kamu memiliki biaya liburan yang masuk pada kategori pengeluaran lifesyle tadi. Berlibur keluar kota ataupun keluar negeri membutuhkan banyak biaya, jangan sampai kamu harus merelakan untuk mengambil njalan pintar dengan memangkas dari pengeluaran harian kalian. Ini akan menimbulkan masalah baru dan membuka akses hutang piutang yang membuat kamu merasa lelah bekerja hanya karena harus membayar hutang.
  4. Biasakan Untuk Berbagi Dengan Sesama Yang Mmebutuhkan
    Pernah denger kan The Power Of Sedekah? Rezeki yang kita miliki ada sebagian milik mereka yang membutuhkan. Apalagi di bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan, pahala berlipat ganda akan semua kebaikan yang kita lakukan. Kalian bisa memulai dengan berbagi semampu kalian kepada mereka baik setiap hari, setiap minggu, ataupun setiap bulan. Kekuatan berbagi itu sangat luar biasa, Tuhan tidak akan pelit kepada hamba-Nya yang selalu berbagi bahkan balasannya Tuhan akan memberikan ganti dengan berkali-kali lipat sesuai dengan yang kita butuhkan. Kebayang gak kalau kita berbagi Rp10.000 lalu minggu depannya kita mendapat bonus Rp1.000.000 karena kita mampu bekerja dengan baik. Otomatis rezekimu akan terus bertambah ketika kamu berbagi dengan sesama. 
Jika kamu sudah mampu berkaca diri dan menimbang-nimbang pemasukanmu dengan gaya hidupmu pastinya kamu akan lebih bijaksana dalam mengelola keuanganmu agar tidak boncos. Menjelang ramadhan mau aku bisikan promo yang sedang berlangsung di Hro Group ngga? Lanjutin bacanya :) 

Promo ramadhan yang ditawarkan oleh HERO Group sangat variatif dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia mulai dari kebutuhan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan serta kebutuhan perabot rumah tangga. PT Hero Supermarket Tbk menggandeng beberapa rekan bisnis dibawah naungan Hero Group untuk memanjakan keluarga Indonesia agar dapat menghemat pengeluaran dan bisa beribadah puasa 30 hari dan berlebaran dengan tenang.



Usia ku kini 24 tahun tapi aku mengenal Hero sudah cukup lama sejak aku masih kecil kami selalu berbelanja kebutuhan bulanan di Hero Supermarket. PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) telah hadir selama 47 tahun di tengah keluarga Indonesia. HERO Group merupakan perusahaan ritel modern pertama di Indonesia yang didirikan pada 1971 dengan toko pertama di Jalan Faletehan, Jakarta. Perseroan berkembang menjadi perusahaan ritel modern terkemuka dengan filosofi bisnis yang terus dijaga, yaitu memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda serta bernilai tambah bagi Masyarakat Indonesia. 

Seiring berjalannya waktu, HERO Group tumbuh dan berkembang dalam membangun jaringan bisnisnya serta berinovasi dalam rangka memenuhi kebutuhan serta pola konsumsi masyarakat. Perseroan saat ini mengoperasikan empat unit bisnis yaitu Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA. Hingga Maret 2019, perseroan telah mengoperasikan 53 Giant Ekstra, 76 Giant Ekspres, 32 Hero Supermarket, 273 Guardian dan 1 IKEA.

Dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan berbelanja, Hero menggandeng 4 rekan bisnisnya dalam menawarkan promo yang akan diselenggarakan selama bulan Ramadhan diantaranya :

Hero Supermarket 
Selama bulan Ramadhan, program promosi yang diberikan Hero adalah dengan minimum pembelanjaan Rp300.000 kalian berhak tebus murah produk yang berlaku dalam promosi tersebut. Selain itu ada program promosi Tematik 30 Days of Discovery selama periode Ramadhan yaitu mulai tanggal 29 April - 6 Juni 2019 dengan menghadirkan ribuan produk berkualitas dengan merek terbaik. Kunjungi website Hero untuk informasi lebih lanjut www.herosupermarket.id

Giant 
Giant menawarkan ribuan produk dengan harga terjangkau melalui program Belanja Murah Bulan Berkah, serta Pasar Ramadan Berlimpah Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka dimana Giant menghadirkan menu-menu baru dari kategori makanan siap Saji dengan sajian yang menggugah selera dan harga yang murah. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi website Giant www.giant.co.id

Guardian
Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan merawat kecantikan selama Ramadan, Guardian menghadirkan berbagai inspirasi menarik melalui program Fit & Cantik Selama Ramadan. Ada ratusan produk dengan diskon spesial sampai 30% dan berbagai tips untuk menjaga tubuh tetap fit & cantik selama Ramadan. Promo akan berlangsung pada periode 25 April-22 Mei 2019. Selain itu ada juga promo +1000, dimana pelanggan cukup menambahkan Rp 1000 dan mendapatkan produk kedua secara gratis untuk ratusan produk favorit. Untuk info dan penawaran lengkapnya, ikuti Instagram: @guardian_id

IKEA
Untuk menyempurnakan perabot rumah tangga di bulan Ramadan, IKEA memberikan penawaran terbatas untuk pembelian wajan IDENTISK dari harga Rp 499.000 menjadi Rp 399.200 dari tanggal 26 April-5 Mei 2019. Tidak hanya itu saja, dapatkan Gift voucher IKEA senilai Rp 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD Kitchen dengan minimum pembelian Rp15juta dan kelipatan Rp5juta selama periode 25 April – 26 Mei 2019 dan akan banyak penawaran menarik lainnya selama bulan Ramadan yang akan selalu di update melalui website www.ikea.co.id

Sekarang berbelanja kebutuhan selama bulan Ramadhan tidak perlu ribet dan susah bukan? 


You Might Also Like

18 komentar

  1. Waktu saya SD saja Hero memang sudah ada. Saat itu lokasinya di Maskumambang, Bandung. Samping Hotel Horison. Pantas kalau usianya sudah 47 tahun ya, hampir seusia dengan saya hehehe

    BalasHapus
  2. Wah Hero barangnya selalu bagus bagus, paling wnk kalau belanja di sini ga repot kelamaan milih milih

    BalasHapus
  3. Baru tau loh saya kalo IKEA adalah bagian dari Hero Grup. Aku sering belanja di Hero dan Giant. Kalo IKEA sekali aja karena jauh

    BalasHapus
  4. Saking jujurnya soal keuangan, saya jadi banyak menekan keinginan hehehe.. jangan sampai boncos.. Btw di tempat saya udah gak ada Hero Supermarket, sudah beberapa tahun ini adanya Giant dan Giant Express. Tapi lumayan lengkap juga koq..

    BalasHapus
  5. Jurus itu dari emak emak nih, selalu berburu promo dan diskon di berbagai market baik itu online maupun offline. tapi jangan asal promo dan diskon semua dibeli ya karena bisa jadi bukannya berhemat tapi malah memperbanyak pengeluaran karena ingin membeli ini itu yang serba murah.

    BalasHapus
  6. Iyaa beneran ini mba. Aku tuh termasuk yang sering banget tergiur banget ama promo dan diskon. Jadinya kalap gitu. Makasih tipsnya mbaa :)

    BalasHapus
  7. Hihi, saya banget ini. Pengeluaran lebih banyak saat bulan Ramadhan. Terima kasih tipsnya mbak Inka, semoga bisa diterapkan jadi bisa lebih berhemat

    BalasHapus
  8. aku lagi tunggu anti boncos kalau beli sheetmask di Guardian hehehe

    BalasHapus
  9. Bagus banget deh acara ini. Sayang aku gak jadi ikutan. Anak-anak keburu sakit. Tapi gapapa, tips dari Mbak Ligwina-nya noted banget deh. Dan memang iya sih, di bulan Ramadan, aku malah suka jadi lebih boros. Kudu praktekin tips2nya nih.

    BalasHapus
  10. Tips keuangnnya noted banget bisa buat bekel selama Ramdahan dan sambut Lebaran. Apalagi Hero Group ini memang selalu miring dan banyak promosi..jadi langganan beli :)

    BalasHapus
  11. Wah semua digandeng Hero dan pelanggan yang diuntungjkan ya mbak :D
    Kalau menurut konsultan keuangan emang sebaiknya pisahkan pos anggaran duluan setelah terima gaji trus yg utama kasi donasi, bayar utang , nabung, sisanya baru belanja :D

    BalasHapus
  12. Ini yang agak susah buat ibu ibu jaman now..pasti boncos deh..tapai kalau duitnya cari sendiri, baru deh hemat ga boncos

    BalasHapus
  13. beli banyak lebih murah, iya ini sering aku praktekan kalo ada diskon pasti beli sekalian 2 atau 3, kerasa borosnya saat itu aja tapi long termnya jadi malah ringan

    BalasHapus
  14. Berasa banget setiap tahun yang selalu banyak pengeluaran adalah saat bulan ramadan sih. Yang gede tuh di makan-makan termasuk untuk membeli sayur dan kebutuhan buka dan sahur. Kalau aku mensiatinya selalu membuat list menu sahur ini bisa membuat anggaran belanja terkontrol. Lalu belanja bulanan disesuaikan seperti biasanya, setelah itu buat post untuk jajan berbuka bersama teman. Nah berbuka diluar ini yanh harus dijatah juga sih. Biar gak bobol keuangan kita.

    BalasHapus
  15. Wah ternyata Hero, Giant dan Ikea itu msh satu anak perusahaan ya, baru tau aku hihi..dan memang mengantisipasi boncos saat berbelanja itu penting ya termasuk melihat promo yang bertebaran juga lebih mendingan ya

    BalasHapus
  16. Tak kusangkaaaa Hero sudah lama berdiri. Tapi di Yogyakarta rasanya sudah tak ada lg deh

    BalasHapus
  17. Waktu mau puasa kemarin juga aku belanja di Giant. Memang banyak diskonnya. Aku stok susu anak karena diskonnya gede dibandingkan di minimarket.

    BalasHapus
  18. Tempat belanja favoritku giant soalnya terdekat dri rumah tru kalo weekend banyak banget promonya emak happy deh belanja banyak bayarnya hemat

    BalasHapus

Like us on Facebook

Popular Posts