Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan Bersama "Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019" Mulut Adem Hati Adem

April 29, 2019

Assalamu'alaikum Guys, 

Tidak terasa ya waktu begitu cepat berlalu dan tidak terasa bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Bulan suci Ramadhan selalu dirindukan oleh seluruh umat Muslim di Dunia karena di bulan inilah semua umat Muslim berlomba-lomba menggapai keberkahan dari Sang pencipta seperti berpuasa selama 30 hari lamanya. Menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban umat Muslim sekali dalam setahun, dimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Qur'an surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya, 

"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa di bulan Ramadhan sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang yang bertaqwa" 

Berpuasa di bulan suci Ramadhan merupakan sebuah cara hamba kepada Pencipta-Nya untuk lebih dekat, lebih merasakan kedamaian hati dan jiwa serta menjadi cara dalam mengkondisikan tubuh menjadi lebih sehat. Banyak sekali ya keutamaan dalam berpuasa dan tentu banyak juga manfaat dalam berpuasa. Oleh karena itu, seluruh umat Muslim sangat merindukan momen Ramadhan di setiap tahunnya. Akan tetapi, sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa seringkali mempunyai kendala nih baik kurangnya semangat dalam diri maupun masalah bau mulut. Kira-kira kalian termasuk yang punya kendala pertama atau kedua?


Bau Mulut Bikin Nggak Pede Ngomong

Berpuasa itu artinya menahan makanan atau minuman masuk ke dalam mulut membuat kondisi bibir menjadi pecah-pecah hingga bau mulut yang tidak sedap. Hal ini seringkali bikin kita "nggak pede" saat berbicara dengan teman-teman apalagi atasan di kantor kan. Bau mulut yang tidak sedap ini disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan berkembang biak di dalam mulut serta disebabkan oleh lambung yang kosong sehingga ketika orang yang berpuasa membuka mulut keluarlah aroma yang tidak sedap dari mulutnya. Penggunaan masker saat berpuasa juga bukan solusi terbaik untuk menghindari bau mulut yang tidak sedap.

Saat berpuasa, mulut kita ini menjadi anggota tubuh yang memerlukan perhatian lebih loh guys karena mulut merupakan pintu gerbang dari segala kebaikan yang dapat kita berikan bagi tubuh kita sendiri maupun bagi orang lain. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut menjadi hal yang utama saat berpuasa di bulan Ramadhan. Dengan menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dapat mencegah perkembangbiakan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, menjaga asupan yang mulut kita konsumsi di bulan Ramadhan juga perlu diperhatikan agar memenuhi nilai halalan thayyiban sehingga berpuasa dapat menjadi sebuah amalan yang sempurna dan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita sendiri.

Perlu kalian ingat ya guys, berpuasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga melainkan harus menjaga lisan agar semua kata-kata yang keluar dari mulut kita tidak menyinggung perasaan orang lain dan ini merupakan ibadah yang berpahala baik saat berpuasa maupun tidak. Seberapa pentingkah merawat kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa? Tentu sangat penting, selain mencegah tumbuhnya bakteri yang bikin bau mulut, merawat kesehatan gigi dan mulut juga dapat memberikan rasa adem di mulut sehingga berpuasa menjadi lebih menyenangkan. 

Biasanya kalau mulut terasa adem saat berpuasa akan membawa pengaruh positif terhadap banyak hal, termasuk membuat kita mampu menjaga lisan kita dari hal-hal yang kurang baik. Dengan mulut adem, setiap perkataan yang keluar dari mulut akan membawa ketenangan dan berkah bagi diri kita sekaligus kebaikan bagi orang lain, terlebih di bulan suci Ramadhan dimana perkataan yang baik adalah salah satu amalan yang akan memberikan keberkahan dan pahala berkali-kali lipat. So, dengan mulut yang adem maka hatipun akan terasa adem juga kan guys. 

Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019 

Kalau aku pribadi selain dengan rutin menggosok gigi aku juga sangat selektif memilih pasta gigi yang support banget dalam menjaga kesegaran mulut saat berpuasa. Biasanya kan kalau lagi puasa pengen yang bikin mulut seger, nah dengan Pepsodent Herbal kalian bisa dapet sensasi #MulutAdem karena mengandung bahan alami daun sirih dan juga garam sebagai bahan anti kuman yang dapat merawat gigi dan mulut agar tetap sehat, serta dilengkapi dengan kandungan jeruk nipis yang memberikan rasa segar pada mulut dan gigi kalian. Penggunaan Pepsodent Herbal secara teratur saat setelah makan sahur dan sebelum tidur dapat membuat mulut terasa adem dan membantu mencegah berbagai permasalahan mulut selama berpuasa seperti bau mulut yang tidak sedap sehingga ibadah puasa mu dapat berjalan dengan penuh kenyamanan.

Selain memberikan rasa adem di mulut, Pepsodent Herbal telah meraih penghargaan Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) yang menjawab kebutuhan umat Muslim akan produk yang halalan thoyiban. Penghargaan Halal Award ini telah dianugerahkan kepada Pepsodent sejak tahun 2014 loh guys, maka dari itu sejak 2018 Pepsodent terus mengembangkan komitmennya untuk memastikan kehalalan seluruh proses serta produknya. 


Penghargaan Halal Award Kepada Pepsodent 

Dunia digital semakin maju, akses memperoleh pengetahuan pun semakin mudah bahkan bisa dalam genggaman tangan. Menjelang puasa gini aku suka cari tau tips dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut agar ibadah puasa ku tahun ini dan tahun selanjutnya bisa terlaksana dengan baik agar mulut adem hatipun adem. Beberapa tips dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut akan aku jabarin nih semoga bisa bermanfaat agar ibadah puasa mu jadi lebih lancar ya guys. 

Tips Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan 

  1. Menyikat Gigi dan Lidah Minimal 2 Kali sehariKapan sih waktu terbaik menyikat gigi saat berpuasa? Yaitu saat selesai makan sahur dan sebelum tidur. Kebayang nggak sih kalau sisa-sisa makanan saat sahur tidak dibersihkan pasti bakteri seneng banget dengan kondisi mulut yang seperti ini. Nah supaya mulut tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap dan gigi berlubang saat berpuasa harus rutin menyikat gigi 2 kali dalam sehari agar mulut tidak menjadi asam dan tidak disukai oleh bakteri.

  2. Berkumur Saat Berwudhu
    Berkumur-kumur menjadi cara yang paling simpel dan dianjurkan oleh baginda Rasululloh Sholallohu Alaihi Wassalam saat berwudhu. Nggak cuma bewudhu aja nih guys, berkumur juga boleh dilakukan saat kamu tidak berpuasa untuk memberikan rasa segar pada rongga mulut. kalau lagi puasa cukup lakukan berkumur saat berwudhu saja ya untuk menghindari dari perbuatan makruh. Ternyata banyak sekali manfaat dari berkumur yaitu membersihkan rongga mulut dari sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan mulut serta membantu menguatkan sebagian otot-otot wajah kita loh guys.

  3. Memperbanyak Minum Air Putih 
    That's right! Air putih sangat berkhasiat dalam menjaga keseimbangan hidup seseorang karena air putih adalah komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang diperlukan gigi sekaligus membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi. Jadi saat kamu sahur dan berbuka puasa utamakan mengkonsumsi air putih dalam frekuensi yang lebih banyak agar puasa mu lebih bersemangat.

  4. Perbanyak Mengkonsumsi Makanan yang Berserat Tinggi
    Karena berpuasa di bulan Ramadhan dimulai sejak fajar dan terbenam matahari pasti tubuh mudah lemas karena berativitas sehari-hari tanpa asupan makan dan minum seperti biasa. Buah dan sayur kaya akan serat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga sebagai pembersih gigi alami yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan, juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  5. Rutin Mengkonsumsi Kurma 
    Bulan Ramadhan identik dengan kurma, pasti mudah sekali menjumpai kurma di bulan Ramadhan. Kurma mengandung fluoride yang mampu mencegah gigi berlubang loh guys. Kandungan gula dalam kurma juga nggak bikin khawatir karena termasuk golongan fruktosa yang tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan gigi. 

Pepsodent Herbal Penyelamatku Saat Berpuasa Agar Bisa Senyum Tiga Jari

Beberapa hari lalu (26/4) saya dan teman-teman blogger serta media diundang untuk menghadiri acara Blogger Gathering "Pepsodent Herbal Sahur Amal: Mulut Adem, Hati Adem" di bilangan Jakarta Pusat. Acara ini diselenggarakan dua kali dalam sehari yaitu sesi pagi yang dihadiri oleh Selebriti Mom-Tantri  Syalindri "Kotak Band" dan Bapak Dr. Ir. H. Lukmanul Hakim, M.Si selaku Direktur LPPOM MUI. Dalam sesi pertama Tantri Kotak menceritakan pengalamannya dan berbagi tips agar tetap semangat melakukan aktivitas manggung saat berpuasa. Selain itu, sebagai umat Muslim kita juga harus memastikan produk yang kita gunakan menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan halalan thoyiban seperti Pepsodent Herbal. 



Pada sesi sore hari yang dihadiri oleh para pembicara Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk, Drg. Ratu Mirah Afifah GDClinDent., MDSc selaku Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut serta ustadzah kondang yang mahir berpantun yaitu Ustadzah Lulu Susanti. Disini tidak hanya membahas perihal kesehatan gigi melainkan cara menjaga lisan agar berpuasa dipenuhi dengan berkah dan mendapat pahala berlipat ganda. 

Ternyata selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, kita sebagai umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan pun harus menjaga lisan agar kata-kata yang keluar dari mulut kita tidak menyinggung perasaan orang lain sehingga ibadah puasa kita selain mendapat pahala juga mendapatkan keberkahan. 


Ustadzah Lulu Susanti Memberikan Sedikit Ceramah Yang Berkaitan Dengan Keutamaan Menjaga Mulut dan Lisan Saat Berpuasa

Salah satu waktu yang penuh dengan keberkahan bagi umat Muslim dalam bulan Ramadhan adalah pada waktu sahur. Keutamaan sahur ini diperkuat dengan sabda Rasulullah Saw, "Bersahurlah, karena pada makan sahur itu ada keberkahan". Keberkahan di waktu sahur dapat diperoleh dari banyak hal loh guys, karena merupakan bentuk ketaatan terhadap Sunnah, yang dapat mencegah kita dari akhlak buruk yang diakibatkan oleh kelaparan. Kalian tau nggak nih, kalau waktu sahur juga menjadi momen yang diutamakan untuk menambah ketakwaan terhadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan beribadah, berzikir, dan berdoa serta beramal sholeh untuk sesama. Oleh karena itu, pada setiap tahunnya Pepsodent Herbal mengajak umat Muslim untuk senantiasa menebarkan berkah kebaikan melalui Program Sahur Amal 2019 yang didistribusikan langsung untuk mereka yang membutuhkan agar mendapatkan nutrisi yang bergisi dan seimbang serta bersemangat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. 

Pepsodent Herbal kembali memberikan kesempatan kepada umat Muslim yang ingin berlomba-lomba berbuat kebaikan di bulan Ramadhan dengan berbagi berkah dan kebahagiaan, khususnya dengan memberikan paket sahur kepada mereka yang membutuhkannya. Pepsodent herbal Sahur Amal telah berlangsung selama 7 tahun belakangan ini dengan membagikan ratusan ribu paket sahur kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya nih guys, tahun ini Program Sahur Amal Pepsodent Herbal bertemakan Mulut Adem Hati Adem. 

Mekanisme untuk berpartisipasi dalam program Pepsodent Hebal Sahur Amal 2019 sangat mudah guys, dengan pembelian Pepsodent Herbal 190 gram kemasan khusus Ramadhan, otomatis kalian sudah berdonasi sebesar Rp1.000,- (Seribu Rupiah) untuk didonasikan guna mempersiapkan paket sahur selama bulan Ramadhan yang akan didistribusikan kepada anak-anak yatim piatu di ratusan panti asuhan. 


Kemasan Pepsodent Herbal Khusus Ramadhan 

Pada tahun ini, ratusan panti asuhan yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia menjadi target dari program Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019 dengan tujuan semakin banyak saudara Muslim di Indonesia dapat menjalankan ibadah sahur sebagai salah satu syarat dalam berpuasa di bulan Ramadhan karena di saat sahurlah kita mendapat keberkahan. Tidak lupa juga pelibatan sosok-sosok inspiratif Muslim dan Muslimah ikut andil dalam pembagian paket sahur amal untuk membangkitkan semangat anak-anak yatim piatu dalam berpuasa, beribadah dan berbuat kebaikan di bulan Ramadhan.

Mengajarkan berpuasa sedini mungkin sangat baik untuk menanamkan keinginan baik dalam beribadah. Anakku baru berusia tiga tahun tapi setiap tahun kami mengenalkan makna berpuasa, indahnya sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Akan tetapi, menjaga kesehatan gigi nya pun aku perhatikan dengan detail loh guys. Aku rutin membawa ke dokter gigi anak untuk memastikan kondisi gigi si kecil tetap pada kondisi normal bahkan sangat baik. Seperti yang disarankan oleh drg. Ratu Mirah pada kesempatan Blogger Gathering bersama Pepsodent Herbal pekan lalu dokter gigi anak ku juga menyarankan menggunakan produk pasta gigi yang aman dan berbahan alami dari alam serta mengandung fluoride untuk menjaga dan menstabilitaskan kesehatan gigi kita. 


Kegiatan Pentingnya Menyikat Gigi Bersama Si Kecil

Nggak perlu ditanya berapa kali Embun gosok gigi, hampir setiap mandi dan sebelum tidur. Menyikat gigi menjadi salah satu kegiatan yang paling digemarinya, saat mandi pun selalu menagih untuk menyikat gigi terlebih dahulu. Sampai akhirnya setiap kali berkunjung ke klinik gigi anak, dokternya pun excited banget dan gembira kalau si kecil sangat menyukai menyikat gigi sehingga dapat terhindar dari karises gigi yang dialami oleh sebagian anak-anak Indonesia. 



Terima kasih Pepsodent telah menjadi satu-satunya brand pasta gigi yang memperhatikan kebutuhan umat Muslim di Indonesia serta mengajak masyarakat Indonesia agar lebih sayang-menyayangi di bulan suci Ramadhan. 









You Might Also Like

29 komentar

  1. Selamat menjalankan ibadah puasa mom Dan keluarga. Thanks tipsnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya selamat menunaikan ibadah puasa juga mom

      Hapus
  2. Maksih mom inka tipsnya untuk bulan puasa yg sebentar lagi akan tiba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tentu karena berbagi kebaikan itu penting

      Hapus
  3. Baru nih variannya boleh juga dicoba mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama sih kayaknya, iya seger tau pas dipakai menggosok gigi

      Hapus
  4. Wauu gak kerasa ya bentar lg puasa. Jadi mau beli produk baru dari pepsoden

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena dengan membeli pepsodent herbal 190gr kita bisa ikut berpartisipasi dalam pepsodent sahur amal 2019

      Hapus
  5. Wah rajinnn yaa Embun sikat giginya. Kita juga jadi lebih tenang ya Mom karena tahu pasta giginya aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget mbak, dia suka dengan kegiatan menyikat gigi jadi aku gak repot ngingetin dia untuk sikat gigi

      Hapus
  6. Tidak bisa dipungkiri kalau mulut tidak sadap bikin tidak PD berkomunikasi dan sosialisasj ya.
    Mulut segar, aura positif pun semakin terpancar.

    Btw kami di rumah pun memakai pasta gigi Pepsodent lho hehehe

    BalasHapus
  7. Daku mau banget selalu nyetok pepsoden herbal meski selalu cepet habis karena khasiatnya itu bagus untuk mulut

    BalasHapus
  8. Masya Allah, siaaap insya Allah nanti kalau belanja cari pepsodent herbal ah biar bisa ikut partisipasi dalam paket sahur.

    BalasHapus
  9. asik ya berpuasa itu, habis sahur jangan lupa sikat gigi supaya mulut tetap adem selama berpuasa. Pepsodent herbal memang enak sih rasanya juga, aku suka beli

    BalasHapus
  10. Puasa makin lancar nih berkat Pepsodent Herbal,enggak takut lagi bau mulut dan gigi berlubang kan udah terlindungi. Mulut adem hati adem

    BalasHapus
  11. dari dulu selalu pakai pepsodent tapi malah belum pernah nyoba pepsodent herbal, mumpung lagi puasa mau nyoba juga ah, biar mulut adem dan nggak bau selama puasa :)

    BalasHapus
  12. Tahu kalo belanja produk ini berarti ikut berdonasi, jadi semangat nih. Soalnya ya gak berasa berdonasi. Produknya bagus. Aku pilih ini buat keluarga karena bisa ngatasin sariawan. Dipake abis sahur, bikin mulut seger seharian.

    BalasHapus
  13. Terimakasih mom tips nya, selamat menunaikan ibadah puasa mom Inka

    BalasHapus
  14. Aku juga dirumah menggunakan Pepsodent Herbal, awal beli dulu mah iseng eh malah keterusan menggunakannya. Sekarang lagi mulai ngajarin anakku pakai Pepsodent Herbal juga karena ini aman banget untuk anak 5th.

    BalasHapus
  15. Selain sikat gigi dan berkumur dengan pepsodent, aku juga ngga makan petai dan jengkol pada saat makan sahur mbak hehehe

    BalasHapus
  16. Ternyata kurma punya kandungan bagus buat gigi ya mbak? CUma bingungnya ini kurma yang manisasn biasa dijual itu atau kurma yang masih bentuk buahnya ya?

    BalasHapus
  17. wah aku di rumah juga pakai sikat gigi pepsodent yang ini. segar banget pasta giginya.

    BalasHapus
  18. Saya dan keluarga juga pake Pepsodent Herbal lho.
    Ini kemasan khususnya baru ya? Kalau tidak salah, tahun2 sebelumnya program berbagi sahurnya itu dengan cara mengumpulkan kembali kemasan Pepsodentnya.

    BalasHapus
  19. Liat ekspresinya si kecil kok lucu banget. Sekecil itu juga udah berusaha menjaga kesehatan gigi ya. Jangan mau kalah ah karna aku ya pakai Pepsodent Herbal

    BalasHapus
  20. Aku juga pakai Pepsodent Herbal loh Kak. Eh ternyata untuk buat nafas segar gak cuma gosok gigi ya. Namun juga menyikat lidah. Btw aku baru tau bahwa kurma baik buat gigi.

    BalasHapus
  21. Bener banget mbak, bau mulut memang menjadi kendala orang yang berpuasa. Untuk itu saya rajin menggosok gigi dan membersihkan lidah agar terhindar dari bau mulut.

    BalasHapus
  22. Gemes banget kemasannya :D udah gitu bisa berkesempatan berbagi dengan yang membutuhkan yaa. Cool initiative!

    BalasHapus
  23. Pepsodent Herbal punya banyak kandungan alami yg bagus buat menjaga kesehatan mulut dan gigi selama berpuasa yaa.. bikin makin pede ngomong, hati pun tenang..

    BalasHapus
  24. Berpuasa tetep PD ya saat bicara sama orang Karen kesehatan mulut juga terjaga dengan Pepsodent.

    BalasHapus

Like us on Facebook

Popular Posts