30 Tahun Eksistensi Shafira Dalam Bisnis Fashion Muslim

Januari 22, 2019

            Source of instagram.com/feny.mustafa

Menjadi ada dan bermanfaat untuk orang lain adalah impian semua orang tanpa memandang bulu. Menorehkan kesuksesan demi cita-cita yang mulia baginya adalah tujuan dalam hidupnya. Saat itu Ia masih duduk di bangku kuliah, terbentuklah rangkaian mimpi dan impian gadis kecil mungil yang menggambarkan sebuah kesuksesannya dalam industri fashion muslim. 

Ia adalah seorang mahasiswi yang juga aktivis muda, Feny Mustafa atau yang lebih dikenal dengan sapaan Ibu Feny. Berawal dari sebuah hobi, mimpi sederhana dan semangatnya dalam mengembangkan dakwah islami dalam berpakaian Ia pun bersikukuh mewujudkan impiannya dengan mendirikan sanggar busana Muslim. 

Bagaimana seorang mahasiswi mampu mendirikan sebuah bisnis fashion Muslim yang bukan lain adalah seorang anak perempuan yang hanya memiliki semangat namun tak memiliki modal?

Sejak tekad kuat itu merasuki jiwanya, berbagai cara telah Ibu Feny pikirkan begitu matang. Pada tahun 1980-an untuk mendapatkan uang secara instan mungkin bisa dikatakan tidak mudah. Namun, berkat Ibu Feny yang pandai bergaul hal ini menjadi sarana dalam menjalin networking atau jaringan sehingga Ia pun berhasil mendapat pinjaman modal untuk membangun dan mengembangkan bisnis di industri busana Muslim. 

Dukungan dari keluarga pun Ia jadikan motivasi yang kuat dalam menggapai impiannya. Baginya belajar adalah salah satu cara dalam mengembangkan sebuah bisnis. Bukan berasal dari lulusan tata busana ataupun berprofesi sebagai seorang designer, Ibu Feny membulatkan niat dan tekad mencari jalan agar Ia mampu mewujudkan impiannya serta memperluas dakwahnya melalui busana muslim di Indonesia. Kini, semua mimpi, impian, dan harapan beliau pun terwujud nyata dengan semakin luasnya jangkauan bisnis fashion yang Ia ciptakan yaitu SHAFIRA.  
Jika saya mengingat masa kuliah saya yang hanya saya habiskan untuk belajar, bergaul dengan rekan-rekan dan berorganisasi saja. Mimpi saya pun hanya sekedar ingin bekerja di sebuah perusahaan ternama, walaupun sejak saya kuliah saya senang berbisnis kecil-kecilan hingga membuka jasa titip oleh-oleh saat saya pergi keluar kota. Ketika saya melihat perjuangan Ibu Feny saya merasa bangga dan patut mengapresiasi semangat serta usahanya di awal tahun perintisan bisnisnya. 

Dalam menjalani bisnis yang Ibu Feny rintis dari nol, pasang surut bisnis pun pernah dialaminya. Namun, baginya inilah sebuah challenge yang harus Beliau jalani demi memperluas bisnis dan mengembangkan dakwah sekaligus menjadi inspirasi di kalangan masyarakat. 

Kini, semua usaha dan keringat Ibu Feny dalam mendirikan Shafira telah menorehkan jejak karya selama 30 tahun. Berawal dari tiga hal yaitu hobi, mimpi dan semangat itu tak disangka perjalanannya memberikan laju nyata dalam industri fashion di Indonesia. 



Shafira sebagai brand busana Muslim pertama di Indonesia telah banyak melahirkan berbagai karya yang diperuntukkan bagi Muslim Nasional maupun Internasional. Dapat dikatakan bahwa Shafira telah menjadi barometer busana Muslim di Indonesia sehingga kehadirannya memicu kehadiran berbagai butik busana Muslim yang sejenis. 

Namun, hal ini justru tidak menjadikan sebuah tantangan bagi Ibu Feny karena tujuannya dalam mensyiarkan dakwah. Saat ini trend busana Muslim telah terdengar hingga kanca benua Amerika sebab eksistensi Shafira dalam mengepakkan sayap bisnisnya hingga ke luar negeri digambarkan melalui karyanya yang bertajuk SHAFIRA the World Wanderer. 

Shafira telah lama melanglang buana hingga menarik perhatian mata dunia dengan berbagai karyanya yang ditampilkan pada pagelaran fashion berskala Internasional. Ibu Feny Mustafa terus menggali inspirasi dalam mewujudkan karya yang luar biasa melalui perjalanannya ke berbagai benua di dunia melalui masjid-masjid indah di masing-masing benua mulai dari Asia, Australia, Eropa, Amerika dan Afrika. 

Tema World Wanderer digunakan dalam karyanya yang mengadopsi dari keindahan arsitektur masjid terindah di lima benua tersebut. Tidak melupakan cinta dan kebanggaannya pada negeri ini, karya yang diadopsi dari inspirasinya akan kelima benua tersebut menariknya untuk memadupadankan dengan berbagai kain-kain nusantara yang dibuat oleh pengrajin kain di Indonesia. 



Sebagai Head Fashion Designer Shafira, Bapak Setiawan menampilkan karya-karyanya dalam tajuk World Wanderer yang mengadopsi keindahan arsitektur masjid di lima benua diantaranya :

ASIA
Dimana ide desain busana Muslim yang diwujudkan mengadopsi keindahan masjid Baiturrahman di Aceh. Masjid yang memiliki sejarah pada tahun 2004 silam, menginspirasi Ibu Feny dan berhasil dituangkan dalam sebuah karya busana Muslimnya dengan hasil yang elegan dan berkualitas baik. 



Australia
Keindahan masjid Adelaide dan suku Aborigin berhasil menarik perhatian Ibu Feny dan dituangkan dalam sebuah karya busana Muslim dengan memadukan kain-kain khas Indonesia.

Amerika
Bisa dikatakan negeri paman sam ini belum begitu familiar dengan trend busana Muslim. Akan tetapi, arsitektur dari masjid Islamic Centre di Washington DC memikat hati Ibu Feny dan berhasil dipadupadankan dengan kain serat khas Indonesia. 

EROPA
Pada bangunan arsitektur masjid di benua Eropa terutama masjid Grand Moscow memiliki desain yang unik dengan sentuhan warna silver memberikan nuansa elegan dan mewah. 



Afrika
Benua ini dikenal akan berlimpahnya hasil bumi berupa rempah-rempah dengan dominan berwarna merah serta keindahan arsitektur masjid Casablanca bersatu dan menumbuhkan sebuah ide yang dirangkum dalam hasil karya busana Muslim. 



SHAFIRA dalam Kehidupan Sosial

Tidak hanya kecintaannya pada dunia fashion Muslim, Ibu Feny Mustafa aktif di berbagai kegiatan sosial sejak masih menjadi seorang mahasiswi di Bandung hingga saat ini. Berkat networking dengan Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil saat ini Ibu Feny bersama Shafira terus memberikan inspirasi melalui program beasiswa yang diberikan kepada seseorang yang memiliki bakat di dunia fashion designer. 

Beliau adalah kang Rahmat Hidayat, pemuda yang memiliki keterbatasan fisik namun dengan semangat juang yang tinggi dan kelebihannya dalam mendesain busana patut diapresiasi dan berhak menerima penghargaan beasiswa tersebut. Kang Rahmat mendapatkan program beasiswa sekolah senilai Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah) yang diberikan langsung oleh Ibu Feny Mustafa dan rekan pimpinan Shafira Corporation. 



Dengan adanya bantuan program beasiswa yang diberikan Shafira kepada Kang Rahmat, sekarang bakat yang terpendam dalam dirinya dapat Ia arahkan dan dapat dijadikannya sebagai ladang penghasilannya. Baginya keterbatasan fisik bukanlah penghalang dalam menggapai cita-cita dan impiannya. Karena baginya setiap apapun yang telah diciptakan pasti telah diporsikan dengan sesuai bagi mereka. 

You Might Also Like

26 komentar

  1. Wow 30th. Keren ya Shafira, sudah dikenal oleh Negara bahkan benua lain. Dan lebih hebatnya lagi, tetap peduli dengan bakat2 sekitarnya. Seperti kepada Kang Rahmat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kembali lagi kepada tugas kita sebagai makhluk sosial ya mom. Harus bisa berbagi saat ada maupun tidak ada.

      Hapus
  2. Wah dah 30 tahun ya. Kirain baru buka beberapa tahun aja ternyata sudah 30 tahun. Sukse selalu shafira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lumayan lama sih brand ini mom cuma memang kualitasnya utk yg premium jadi harganya lumayan

      Hapus
  3. kece yaaa koleksinya shafira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget mbak aku pengen punya satu deh

      Hapus
  4. Shafira adalah merek busana Muslim pertama yang kukenal saat gaya busana Muslimah mulai marak di Indonesia. Salut 30 tahun sudah berkarya tapi tetap eksis dan bahkan makin jaya.
    Memang keren sih desainnya dan kualitas bahannya pun juara.

    BalasHapus
  5. brand Shafira ini memang bagus dan berkualitas ya produknya :D saya suka baju-bajunya terkesan elegan. Wah ternyata sudah 30 tahun ya, sudah lama pantas saja kualitasnya bagus.

    BalasHapus
  6. Waktu aku jualan hijab, aku pernah ngepoin kisah nya si pemikik shafira ini, inspiratif banget memang, mereka memulai bisnis dari nol. Sukses selalu ubtuk shafira

    BalasHapus
  7. Keren banget ya sekarang bisa sampai sebesar ini Shafira, siapa sih gak kenal. SHAFIRA ya mbak tapi aku belum punya koleksi bajunya nih karena aku pendek. Hiks

    BalasHapus
  8. Salut dg perjuangan ibu Feny deh. Duku pas mahasiswi aku juga sempat bisnis tp nasih kecil2an hehe. Intinya kalo diseriusin insya Allah adssjalan yaa. Dan salut jg dg kang Rahmat walau terbatas sevra fiskk to tabu passionnya dna gmna ngembanginnya.

    BalasHapus
  9. Wah koleksi shafira kece2 yah mom harganya psti lumayan jg iniπŸ˜…

    BalasHapus
  10. 30 tahun itu bukan waktu yang sebentar ya mbak. Biasanya cuma bisnis yg bener2 dimulai dr 0 dan ditekunin bener yang berhasik mencapai usia segitu. Salut sama Shafira.

    BalasHapus
  11. Ini brand yang sering kudengar selaku jadi rujukan buat berbusana muslim, wajarlah karena eksistensinya saja sudah 30 tahun.. Sukses terus untuk shafira

    BalasHapus
  12. Kalau aku skrng masih pake zoya adeknya shafira mom...soalnya harganya masih kuat aku...tp kalo dah punya gaji banyak mau beli baju shafira...amien

    BalasHapus
  13. Semoga ibu Feny diberi umur panjang sehingga terus menghasilkan karya-karya yang bagus-bagus ini serta semakin banyak orang yang bisa terbantu oleh belio :)

    BalasHapus
  14. bajunya bagus bagussss aku jadi pengen hehehhe. . keren ya uda bertahan eksis selama itu

    BalasHapus
  15. Shafira ini line fashion yang punya ciri khas dan berkelas. Semua designya apik bener dari atas ke bawah.

    BalasHapus
  16. Shafira ini emang keren banget deh. Udah bertahun-tahun tapi pamornya gak pernah redup. Keren!

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu kalau shafira itu itu produk asli dari indonesia dong ��

    Kalau di Bintaro tokonya sebelahan sama zoya, bagus banget emang, elegan gitu. Tapi harganya juga lumayan ya, hihi.

    Salit ih sama bu fenfeny dan kangbrahmat. Semoga mereka bisa sukses selalu

    BalasHapus
  18. Keren ya Shafira. Udah 30 tahun eksis. Tapi emang bener sih, Shafira produknya bagus dan berkualitas. Harganya worth it dengan itu. Aku salfok sama baju yang kombinasi dengan merah marun itu. Cakeeep.

    BalasHapus
  19. MasyaAllah keren banget ya Bu Feny, dari penjahit rumahan bisa punya banyak outlet dan jadi pemain besar di industri fashion Indonesia. Semoga Shafira semakin sukses :)

    BalasHapus
  20. Duhh baca beasiswa mata langsung melek.. Beruntungnyaa.. Semoga Bu Fenny selalu sehat menjadi penolong sesama.. Sukses dunia akhirat.. Aamiin Allahumma Aamiinn..

    BalasHapus
  21. Salut banget dengan semangat dan perjuangan Ibu Feny dalam mendirikan brand fashion ternama dan berkelas Shafira. Harganya memang sesuai dengan kualitasnya.

    BalasHapus
  22. Luar biasa brand Shafira ini masih eksis sampai sekarang ya. Semoga selalu menginspirasi hijaber.

    BalasHapus

Like us on Facebook

Popular Posts