Jadi Milyarder Hanya Dengan Duduk Di rumah? Ketahui 6 Hal Penting Ini!

September 22, 2018


Hallo Mom, siapa yang sudah mempunyai usaha? Atau sedang merencanakan ingin memiliki sebuah usaha sendiri? 

Yuk ketahui 6 hal penting ini agar kamu sukses menjadi mompreneur. 

Aku mau cerita sedikit, tahun 2011 aku masuk ke Academy Bisnis di daerah Kota Bekasi. Saat itu aku masih duduk dibangku SMA yang kebanyakan teman-teman seusiaku masih sibuk menghabiskan waktu bersama teman sekedar hangout ataupun shopping di mall. Awalnya ikut talkshow aja trus aku merasa seperti menemukan sebuah wadah yang bisa bikin impian aku menjadi kenyataan. Lalu, aku coba tanya mengenai pendaftaran untuk masuk ke Academy tersebut. Kurang lebih aku sudah menghabiskan Rp5.000.000,- dalam waktu 1,5 bulan untuk belajar di Academy tersebut. Uang segitu di tahun 2011 lumayan besar ya, lalu apakah saya jadi pengusaha hebat? TIDAK! Ternyata semua itu tidak bergantung pada pendidikan saja, tapi pada tekad dan keinginanmu menjadi seorang pengusaha. 

Mulailah Kenali Dirimu!

Ibu-ibu, sista dan adik-adik yang ingin mempunyai usaha sendiri mulailah dengan kenali diri sendiri. Apa yang kamu sukai? Apa yang kamu butuhkan? Kapan waktu yang kamu inginkan? Dan apa harapanmu? 


Beruntung sekali aku bisa menghadiri sebuah acara yang sangat menarik yang dihadiri oleh puluhan ibu-ibu blogger yang memiliki tujuan yang sama yaitu ingin menjadi seorang pengusaha. Acara ini bertemakan "How To Start Your Business" dengan narasumber ibu Futri Zulya, S.Mn., M.Bus yang diselenggarakan pada Kamis lalu (20/9) di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. 



Keberadaan mompreneur ataupun womenpreneur menjadi salah satu yang berbeda. Biasanya dalam dunia bisnis yang menuntut ketegasan serta persaingan yang ketat lebih didominasi oleh kaum pria. Akan tetapi, sudah banyak perempuan yang ikut andil dalam menyukseskan perekonomian di Indonesia tetapi keberadaan perempuan di dunia bisnis masih terbilang sedikit belum mencapai satu juta pengusaha perempuan atau sekitar 0,25 persen pengusaha perempuan di Indonesia. 



Perempuan saat ini tidak lagi hanya sebagai penonton di dunia bisnis, namun ikut turut berperan memajukan perekonomian negara. Perempuan diciptakan dengan segala kemampuannya terutama multi-tasking dan mampu berperan ganda sebagai ibu rumah tangga yang juga mampu menjadi direktur keuangan dalam rumah tangga. Saat ini, pengusaha dengan gender perempuan telah terbukti mampu bersaing dengan para pria dalam mengembangkan diri dan usahanya. Pengusaha perempuan telah berkecimpung pada usaha kecil, menengah hingga skala besar. 


Bukan hal yang mudah tentunya membangun sebuah usaha baik pribadi maupun bermitra. Mengambil keputusan untuk menjadi seorang pengusaha sangat jarang diambil terlebih lagi ketakutan akan tantangan dan kerugian yang akan dihadapi nantinya. Hal ini menjadi momok yang kurang baik di mata masyarakat Indonesia. 


Ibu Futri Zulya, CEO PT. Batin Medika Indonesia

Seorang pengusaha adalah orang yang berani mengambil keputusan dan siap menghadapi resiko dan mampu mengolah sumber daya yang ada menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Mau jadi milyarder hanya dengan duduk di rumah, ketahui 6 hal penting ini!

1. What's Your Passion? 

Sebelum Mom memulai usaha apakah sudah sesuai dengan passion diri kita sendiri? Atau malah mengikuti trend yang ada? 

Ibu Futri menjelaskan kepada peserta yang hadir bahwa kita harus mengetahui peluang bisnis yang ada di sekeliling kita. Hobi saja bisa jadi ladang penghasilan tambahan seperti suka baking, mulailah open order untuk membuat kue basah atau kering untuk partai kecil ataupun partai besar. Contoh lainnya, Mom suka dan bisa menjahit, bisa buka butik di rumah dengan menggunakan garasi ataupun membuka kursus menjahit di rumah. 

Mengikuti trend bisnis yang ada terkadang sering membuat usaha Anda tidak berumur panjang terlebih lagi jika kita tidak mengusai bidang tersebut. Nah, kalau Mom sudah mengetahui passion dan bidang yang dikuasai, segera lakukan riset bagaimana memulai bisnis tersebut bisa melalui internet, belajar dengan sesama pengusaha ataupun dengan membaca buku. 

2. You Can't Do It All! 

Kita bukanlah seorang pesulap yang mampu mengerjakan semuanya sendiri. Kita sebagai seorang perempuan terutama yang telah berkeluarga dan memiliki buah hati tentunya harus menjalankan peran sesuai porsi masing-masing. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kita tidak mampu menjadi seorang pengusaha. Demikian sebaliknya, menjadi pengusaha bukan berarti kita tidak menjalankan kewajiban seorang istri dan juga ibu. 

Ibu Futri Zulya membeberkan caranya dalam manajemen perannya sebagai seorang istri, ibu dan juga pengusaha. "Kalau saya nih, sebelum berangkat pasti saya siapkan sarapan, siapin format yang perlu diisi oleh guru privat anak-anak agar saya bisa tahu kemajuan anak-anak dalam belajarnya." katanya



Inilah yang dibutuhkan oleh pengusaha perempuan, support system yang baik adalah mantra sukses untuk seorang mompreneur. Dukungan dari suami, anak, keluarga dan juga asisten rumah tangga sangat penting. Maka saat kita memilih untuk memakai jasa asisten rumah tangga, carilah asisten rumah tangga yang sesuai dengan kepribadianmu. Lakukan audisi untuk mendapatkan asisten rumah tangga yang cocok untuk kita. 



Setelah kita mendapatkan dukunga dari keluarga, tentukan prioritas! Sekali lagi ditegaskan bahwa bisnis yang baik bukan hanya fast grow, akan tetap harus berkelanjutan di masa depan bahkan berkembang hingga menembus pasar internasional. Ketika kita siap menjadi pengusaha artinya kita siap melakoni beberapa peran dalam kehidupan. Keluarga dan anak-anak adalah prioritas utama kita. Aktivitas mengantar dan menjemput anak sekolah, manyiapkan makan malam keluarga tidak boleh luput dari jadwal aktivitas harian kita. So, buatlah agenda harian mu secara rapi dan tertata agar semua peranmu dapant dilaksanakan dengan baik. 

3. Business Planning & Do Your Research

Masuk pada hal penting yang ketiga, kesiapan menjadi seorang Mompreneur harus siap juga dalam rencana bisnis dan juga siap dalam melakukan riset bisnis kita. Masih banyak perempuan yang kurang peka dengan pasar bisnisnya di dunia maya, mereka terfokuskan pada konsumen nyata seperti ibu-ibu arisan komplek, wali murid sekolah anaknya, ataupun mengenalkan bisnisnya dari pintu ke pintu. Di era yang sangat mudah menggunakan teknologi, semua informasi mudah didapatkan. Manfaatkanlah! Carilah informasi yang sesuai dengan bisnis kita mulai dari tipe bisnis, pasar yang cocok dengan bisnia kita, cara penawaran yang menarik, SWOT analysis dan hal lainnya. 

Jangan terpaku pada bisnis yang biasa-biasa saja. Banyak rumah makan dengan menu standar tapi selalu ramai pengunjung. Apa yang membuat konsumen tertarik? Pelaku bisnis harus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk yang dijualnya. Bertemulah dengan para pelaku bisnis, bertukar pikiran, saling mendukung dan mempromosikan usaha masing-masing sangat penting dalam kesuksesan bisnis. 

4. Execute 

Dalam menjalankan bisnis perlu adanya pengetahuan dan penerapan dengan baik. Usaha sekecil apapun itu tetaplah bernilai dan menghasilkan keuntungan. Jalani bisnis mu dengan bijak! 

Tantangan awal yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis ialah MODAL. Yap! Modal awal suka bikin bingung dapatnya dari mana kan? Awal aku usaha, modalnya dari tabungan mamah dengan modal yang kecil yaitu Rp300.000,- yang bisa digunakan untuk membuat pesanan nasi kotak 20 buah. Kok bisa? 

Untuk membuat 20 buah nasi kotak memerlukan 5 ekor ayam dan 4 liter beras. Yuk simak hitung-hitungannya! 



Lalu berapakah harga jual satu paket nasi kotak berisi nasi, satu potong ayam, tempe, tahu, sambal dan lalapan? Harga yang terbilang terjangkau namun pas yaitu Rp23.000,- per box. Berapa keuntungan yang didapatkan? 


Sudah jelas ya, bahwa berbisnis adalah peluang terbaik bagi para perempuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Yuk segera berbisnis untuk memajukan perekonomian Indonesia. Tapi hambatan pasti ada terutama ketika perempuan akan memulai dunia bisnis, Modal lah hambatan utama bagi mompreneur
Sekarang kalau mau mulai bisnis pasti bingung mau dapat modal dari mana. Ibu Futri Zulya turut memberikan solusi kepada para peserta yang hadir untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah dan realistis. Cuuuss baca ini ya! 
  • Tabungan 
    Memang inilah cara yang paling amanuntuk mendapatkan modal  usaha untuk bisnis kita. Ketika kita mendapatkan gaji atau penghasilan bulanan, cobalah untuk menyisihkan sedikit dari penghasilan bulanan kita dan ditabung sebagai modal usaha. Contohnya, penghasilan bulanan kita sebesar Rp5.000.000 sedangkan  odal yang dibutuhkan sebesar Rp20.000.000. Cobalah menyisihkan uang Anda sebesar Rp2.000.000 setiap bulannya selama 10 bulan, maka modal untuk bisnis sudah terkumpul. Bagaimana apakah cara ini bisa diterapkan? Kalau tidak bisa, coba terapkan cara kedua!
  • Aset dan Barang Berharga yang Dimiliki
    Jika dengan cara menabung masih belum bisa Mom terapkan, coba juallah barang berharga yang dimiliki yang sekiranya tidak terpakai saat ini. Barang berharga seperti gadget, jam tangan, sepatu dan tas branded, kamera atau mungkin perhiasan yang dimiliki dapat dijual sementara. Barang-barang tersebut bisa jadi sudah tidak ngetop lagi saat ini, dari pada hanya disimpan saja lebih baik digunakan untuk modal bisnis.

  • Gadailah Jika Tidak Rela Menjualnya
    Wah namanya juga perempuan ya, membeli sebuah barang pasti ada sejarahnya dan rata-rata perempuan tidak mau kehilangan sejarah tersebut. Kalau tidak rela menjualnya, Mom bisa menggadaikan barang berharga tersebut di kantor pegadaian yang nantinya ketika bisnis Mom sudah membuahkan hasil, barang-barang tersebut dapat Mom tebus kembali. Ingat ya Mom sistem penggadaian ini berbunga tetapi bunga dari pegadaian juga relatif kecil dan tidak memberatkan. Cukup mudah bukan?
  • Networking
    Banyak bergaul dan berteman dengan berbagai pihak, tidak hanya dengan teman sesama pengusaha tetapi Mom bisa bergaul dengan para investor. Dengan memiliki network yang luas, Mom dapat mendapatkan modal dari berbagai investor usaha. Jangan bingung ya Mom, datang ke seminar atau talkshowyang sering dihadiri oleh beberapa perusahaan atau lembaga yang bergerak di dunia industri adalah peluang mendapatkan modal untuk berbisnis. Siapkan konsep bisnis yang jelas dan mudah dipahami, jabarkan konsep bisnis Mom semenarik mungkin agar investor tertarik untuk memberikan modal usaha Mom. Pakai cara ini masih nggak pede? Yuk pake cara selanjutnya. 
  • Ajukan Pinjaman Kepada Orang Terdekat
    Kerabat dekat atau keluarga pastinya sudah mendukung Mom untuk memulai bisnis kan, kalau dengan cara-cara diatas masih belum bisa mendapatkan modal cobalah mengajukan pinjaman kepada orang terdekat Mom dan beri kepercayaan bahwa Mom adalah orang yang bertanggung jawab. Bicaralah dengan jelas bahwa uang yang dipinjam akan digunakan untuk modal bisnis dan buatlah kesepakatan untuk pengembalian dana tersebut. 
  • Menjalin Kerjasama
    Nah yang ini adalah cara yang paling menarik, beberapa orang dengan penghasilan yang lebih pastinya akan bingung dalam menggunakan uangnya. Maka cobalah jalin kerjasama dengan mengajukan proposal bisnis Mom kepada mereka dan tawarkan berbagai kerjasama yang menarik dan saling menguntungkan. 
5. Innovation and Follow Market Trend 

Poin ini kita juga harus bisa memilah mana yang akan berpotensi untuk bisnis kita mana yang akan berhenti di tengah jalan. Terulah berinovasi menciptakan trend baru yang disukai pasar dan jadilan pencetus trend tersebut. Kalau sudah ada ide di kepala, jangan didiemin aja. Wujudkan segera! 

Misalkan punya inovasi pashmina dengan hiasan swarovski. Waaah, belum punya nih! Pastinya banyak kaum hawa yang mengidam-idamkan tampil mewah serta elegan saat mengenakan hijab tersebut terutama harga yang ditawarkan pun terjangkau. 

6. Pemisahan Budgeting Rumah Tangga & Bisnis 

Gimana nih mompreneur sudahkah menerapkan poin ini? Kalau belum, wah kamu nggak akan jadi milyerder nih. Pengusaha yang bijak dan cerdas adalah pengusaha yang tepat dalam pengelolaan keuangan. Seberapa penting sih poin ini diterapkan? Mom ini penting banget sebab kita bisa tau budget bisnis kita setiap bulannya. Apa keuntungan mengelola keuangan seperti poin ini? Banyak sekali. Dari segi pembukuan nantinya akan kontras antara catatan dengan uang. Ibu Futri Zulya menyarankan untuk membuka beberapa rekening untuk budgeting rumah tangga dengan bisnis. 


Mau jadi milyarder tapi nggak ngerti cara kelola arus kas bisnis? Belajar yuk

Dalam mengelola arus kas bisnis harus jelas dan tepat. Kalau aku sendiri masih suka bingung cara dalam mengelolanya terkadang suka kurang tepat ya. Ternyata saat acara kemarin, Ibu Futri Zulya membeberkan tips dalam mengelola arus kas bisnis. 

Terlebih dahulu kita harus punya tiga pos yaitu Living 50 persen, Playing 20 persen, dan Saving 30 persen. Mom bisa gunakan rekening atau amplop untuk pemisahannya. Nah ini yang dimaksud pemisahan budgeting juga ya. 
  • Potong 5% untuk investasi dan dimasukkan ke pos saving
  • Potong 5% untuk dana darurat yang dimasukkan ke pos saving
  • Buatlah daftar pengeluaran bulan ini seperti cicilan, uang sekolah, bayar guru les, gaji asisten, kebutuhan dapur, transportasi, hiburan akhir pekan dan sedekah
  • Bisa pergi ke ATM atau melalui mbanking untuk membagi penghasilan ke tiga pos tadi
  • Bayar semua kebutuhan hidup dengan kartu debit ya Mom
  • Bayar lunas iuran kartu kredit 


Menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur tentunya tidak instan dan langsung memperoleh hasil yang besar dalam waktu yang singkat. Kesabaran dan keuletan dalam berbisnis dibutuhkan dalam memajukan bisnis dan harus terus mencoba dan berjuang. Seorang mompreneur harus siap menghadapi tantangan dan siap menjadi seorang pemimpin, perempuan harus aktif dalam mencari pasar baru. Gunakan teknologi untuk memajukan bisnis kita, jadilah milyarder yang hebat yang mampu bersaing dengan para pelaku bisnis lainnya secara sportif dan aktif. 

Terima kasih Ibu Futri Zulya, S.Mn., M.Bus yang terus mengedukasi perempuan-perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan berusaha menjadi pengusaha hebat yang mampu mendongkrak perekonomian Indonesia serta membuka lapangan pekerjaan untuk perempuan-perempuan Indonesia. 

Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) with Futri Zulya 



You Might Also Like

34 komentar

  1. Woww lengkap paparannya semoga bisa mengikuti jejak Ibu Futri ya. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mba Tati, semoga bisa jadi pengusaha sukses juga ya seperti ibu Futri

      Hapus
  2. Wah lengkap banget penjabarannya mba. Setuju banget sama bagian support system dan set your priority, sbg emak emak kudu pandai memanage dan punya support system yg kuat yaa.

    Aku pun kenal bisnis dr SMA, waktu kukiah sempat ikut lomba2 bussiness plan dan pitching forum meski ga juara but it was really really meaningful for me :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat nih mba visya, aku baru denger nih tentang lomba bussiness plan dan pitchinh forum bagus dan menarik ya kalau diadakan lagi

      Hapus
  3. tips nya lengkap sekali, bakal berguna buat semua orang yang sedang atau mau merintis usaha, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa terus bermanfaat buat orang lain ya mbak

      Hapus
  4. Tulisannya lengkap banget, Mbak. Beliau ini hebat, ya. Bukan cuma pengusaha, tapi juga menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak aku aja gak kedip ngeliat Beliau haha soalnya semua penjabarannya bener-bener bikin kita terbuka pikirannya untuk sukses

      Hapus
  5. Keren emang acaranya ya mba. Inspiratif dan bikin semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semiga tulisannya jelas dan bisa bermanfaat buat orang lain ya

      Hapus
  6. Kembali lagi ke passion yah, agar jangan cuma ikut-ikutan aja, kalau memang niatnya mau berbisnis

    BalasHapus
  7. Semoga aku pun bisa Kadi mompreneur kya mom-mom yang sudah berhasil yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mom intinya ada di 6 hal penting tadi aja

      Hapus
  8. Riset dan bisnis plan...kadang emak-emek enggak kepikiran sampai sedetil ini, padahal penting sekali ternyata memang ya
    Juga tips lainnya dari Mbak Futri..bisa diterapkan nih untuk pengmbangan rencana usaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener ya mbak aku juga gak pernah mikir sampe sedetail itu loh. Kayaknya harus lebih jelas lagi ya

      Hapus
  9. Sampai sekarang yang masih susah aku terapin itu kelola arus kas ��
    Lengkap sekali ulasannya mbak, jadi berasa ikut hadir di acaranya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga suka kecolongan nih ngatus kas keuangan mbak. Semoga setelah ada penjabaran ini kita jd lebih cerdas lagi ya

      Hapus
  10. Wah kamu hebat...masih muda tapi sudah berfikir jauh kedepan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi itu dulu mbak saat semua temen2 lagi asyik hangout aku malah belajar tp ternyata emang balik lagi ke tekad

      Hapus
  11. Menjadi milyader bukan lagi impian bagi seorang mom tapi bisa jadi kenyataan. Duit di tangan bisa di kelola. Bisnis lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mpooo enak ya kalau ngekhayalin tapi nya mah kita harus bisa wujudkan

      Hapus
  12. Seru banget!
    Jadi tahu kiat untuk mengeksekusi ide usaha yang lebih realistis :)

    BalasHapus
  13. wahhh ibu yang satu ini udah mulai berbisnis ya kerennn bgt...

    BalasHapus
  14. Mbak Futri ini masya allah ya, beliau cantik dan bisnisnya moncer banget tapi enggak takut untuk berbagi ilmunya sama kita

    BalasHapus
  15. Aduhh aku kepingin seperti mba Futri.. Keren banget yah.. diusia muda bisa mengelola 4 bisnisnya.. Masya Allah..

    BalasHapus
  16. emang suka gitu ya, untuk memulai bisnis pasti terkendala di modal.. tp ketika sudah berjalan, bakalan lebih banyak lg kendalanya hihihi.. thanks for sharring mbak.. sukses selalu buat seluruh womenpreneur Indonesia

    BalasHapus
  17. Take action dan pemisahan arus kas, noted. Makasi infonya mba, jadi bikin tambah semangat ngejalanin usahaku

    BalasHapus
  18. The power of emak-emak kalo udah niat emang ga bisa dikalahkan yaaa.. Keep inspiring mak semoga usahanya makin lariis

    BalasHapus
  19. Ehm susah2 gampang ya misahan arus kas ...krn satu rekening satu dompet heheh tp hrs begitu klo mau profesional jd mompreneur ya

    BalasHapus
  20. Aku maulah jadi milyader hanya duduk dirumah, apalagi kalau sudah memiliki usaha sendiri ya mbak. Memang kalau mau usaha itu harus tau passionnya dulu dan harus mencintai dengan apa yang kita kerjakan agar maksimal hasilnya.

    BalasHapus
  21. Bener banget ya mba. Bisnis itu harus punya perencaan yang matang supaya terarah kedepannya.

    BalasHapus
  22. Seneng bisa membaca tips menjadi mompreuner yang berhasil. Semoga bisa saya terapkan dalam diri saya. Pengen punya bisnis tapi masih maju mundur hehe

    BalasHapus
  23. Siapapun pasti pengen jadi milyarder mbak #termasuksaya ��
    Sebenarnya memulai bisnis harus dimulai dari niat jg sih mbak

    BalasHapus
  24. Siapapun pasti mau jadi milyarder apalagi kl kerjanya sambil duduk2, bercengkrama dgn keluargq,anak2. Mbak Futri menginspirasi banget ya mbak

    BalasHapus

Like us on Facebook

Popular Posts