Mengoneksikan Para Ibu Secara Digital Dengan Anmum #MumToMum Dari Ibu Untuk Ibu

Agustus 02, 2018

inkaamalia.com - Pekan ASI sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 1-7 Agustus untuk mendorong ibu agar sukses menyusui dan meningkatkan kesehatan bayi di seluruh dunia. Dalam rangka menyuarakan pekan ASI sedunia, pada hari Rabu, 1 Agustus 2018 di Faimont Hotel, Jakarta Selatan Anmum Indonesia meluncurkan terobosan terbarunya Anmum #MumToMum yaitu sebuah platform online yang memudahkan para ibu terkoneksi secara digital untuk saling berbagi informasi, mendiskusikan berbagai topik, dan menemukan hal baru mengenai perjalanan luar biasa di masa kehamilan dan menyusui. 
Suasana Di Dalam Ballroom Media Launch Anmum #MumToMum 

Menurut penelitian Unicef, di Indonesia angka pemberian ASI Eksklusif masih tergolong rendah dibandingkan jumlah ibu yang menyusui (96 persen). penelitian ini didukung oleh hasil penelitian Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2017 mencatat ASI Eksklusif di Indonesia hanya sekitar 35 persen, di bawah rekomendasi WHO yakni sebesar 50 persen. Kegagalan dalam pemberian ASI Eksklusif dipengaruhi oleh berbagai faktor. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia merekomendasikan dukungan kuat dari orang sekitar (support system) bagi ibu menyusui sebagai suatu hal yang penting dalam menyukseskan program ASI Eksklusif.

Anmum adalah salah satu brand terkemuka di Indonesia yang diformulasikan untuk mendukung kebutuhan nutrisi ibu dalam persiapan kehamilan, saat hamil, dan menyusui. Sistem nutrisi Anmum didukung pleh penelitian ekstensif tentang nutrisi, kesehartan ibu dan bayi, serta perkembangan anak. Anmum ingin mendampingi ibu dengan informasi yang tepat agar dapat membuat keputusan tepat bagi diri sendiri dan bayinya.

Media Launching Anmum #MumToMum Bersama Pakar Ahli, Pimpinan PT Forterra Brands dan Publice Figure

Anmum #MumToMum memberikan dukungan emosional dan psikologis dari ibu untuk ibu selama perjalanan luar biasa mereka, termasuk menyusui. Anmum sepenuhnya mendorong para ibu agar sukses menyusui eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga usia dua tahun. Ibu Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, PT Forterra Brands Indonesia mengatakan, "Banyak sekali rintangan bagi ibu menyusui di Indonesia, termasuk kurangnya dukungan keluarga dan kesalahpahaman seputar menyusui yang perlu diluruskan. Sejumlah hal ini yang dapat menyebabkan turunnya atau bahkan terhentinya produksi ASI yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan. Kami memahami bahwa faktor nutrisi dan psikologis berperan penting. Oleh karena itu, melalui Anmum #MumToMum menyediakan platform online untuk mendukung ibu dalam pemenuhan nutrisi dan sisi emosional." 

Ibu Rohini Behl Memberi Informasi Mengenai Platform Online Anmum #MumToMum

Edukasi mengenai ASI Eksklusif juga merambah di dunia entertainment, beberapa publice figure ikut menyuarakan ASI Eksklusif pada Pekan ASI Sedunia tahun setiap tahunnya seperti Mommy cantik Rinni Wulandari, Penyanyi dan Ibu dari Nord Kiano Julian berusia 5 bulan. Perjalanan luar biasa yang dialami Rinni selama masa kehamilan dan menyusui membuatnya tak bisa mengungkapkan dengan kata-kata. Ia mengatakan, "Menjadi ibu untuk pertama kalinya adalah perjalanan yang luar biasa bagi saya. Banyak momen bahagia, sekaligus banyak tantangan. Salah satunya adalah saat menyusui dimana produksi ASI yang sempat terhambat karena tekanan pekerjaan sehari-hari padahal Nord masih dalam usia ASI eksklusif. Namun, berkat dukungan dari orang-orang di sekitar saya yang terus memberikan semangat positif, saya terpacu sekali untuk kembali memberikan ASI Eksklusif." 


Rinni Wulandari Berbagi Cerita Perjalanan Luar Biasa Yang Dialaminya Selama Menyusui Baby Nord Kiano

Rinni Wulandari sangat mengapresiasi terobosan terbaru Anmum dalam meluncurkan Anmum #MumToMum untuk memudahkan para ibu dalam menemukan jawaban dari semua kegelisahan selama masa kehamilan dan menyusui karena semua ibu membutuhkan dukungan emosional selama perjalanan keibuannya untuk dapat menjalankan peran mereka sebagi ibu sebaik mungkin. Rinni pun yakin bahwa Anmum #MumToMum dapat memberikan dampak positif bagi semua ibu di Indonesia. 

Perjalanan para ibu dan tantangan mereka dalam menjalani perjalanan luar biasa mereka pada masa kehamilan hingga menyusui meliputi :
  • Perubahan fisik : Morning Sickness dan kelelahan 
  • Emosi tidak stabil : Stress, cemas dan depresi
  • Baby blues pada saat post partum 
Perjalanan menyusui yang tengah saya rasakan saat ini begitu indah dan tidak mudah untuk dilupakan. Ketika putriku yang kedua lahir pada bulan Maret lalu niatanku untuk memberikan ASI Eksklusif sudah ku tanamkan dengan kuat dan ku sampaikan pada keluarga serta staff kesehatan di rumah sakit. Tetapi putriku selalu menangis keras yang membuat aku dan suamiku panik hingga sulit menenangkannya. Pihak keluarga teman satu kamarku merasa terganggu pasalnya cucu mereka terbangun ketika mendengar suara tangisan anakku sampai akhirnya mereka menawarkan sebuah botol dan susu formula untuk diberikan kepada bayiku. Tentu aku berada di belakang perlindungan suamiku, dia menolak tawaran itu dengan memberikan argumen bahwa dia memperjuangkan kebutuhan ASI Eksklusif untuk anaknya dan Ia siap untuk memindahkan kami ke ruangan VIP agar tidak menggangu pasien lainnya. 


Putri Keduaku, (Eira Shareen, 4 Bulan)

Setelah gagal memberikan ASI Eksklusif kepada anak pertamaku, aku terus berjuang walau pahit rasanya hingga mengalami lecet pada putingku. Setiap hari aku belajar cara memerah ASI menggunakan tangan, cara memijat payudara, dan juga manajemen ASIP untuk bekal tiga bulan kedepan. Suami dan keluarga mensupport dan memahami keinginanku. Hal ini membuat aku semakin bersemangat meningtkatkan produksi ASI ku. Tapi tidak sampai disitu, kebingungan sering aku alami jika terjadi kerusakan ASIP apakah masih dapat dikonsumsi, bagaimana cara pijat oxytocin yang konon akan membuat produksi ASI melimpah serta banyak cibiran manja yang sering terdengar ketika aku harus menyusui bayiku di tempat umum pasalnya mereka merasa aneh dan kasihan kepada bayiku jika ditutupi apron, apakah bayiku tetap bernapas? apakah bayiku kepanasan di tutup apron? itulah yang ada di benak mereka. Melalui Anmum #MumToMum kini semua ibu menjadi lebih mudah dalam menemukan setiap jawaban dari permasalahan yang mereka alami selama kehamilan dan menyusui. 

Ibu Ines Yumahana Gulardi, MSc., Senior Nutrition Manager, PT Forterra Brands Indonesia, menjelaskan, "Ibu membutuhkan dukungan emosional dan psikologis selama masa kehamilan karena mereka perlu menyediakan nutrisi terbaik bagi bayi mereka di setiap tahap kehidupan. Oleh karena itu, informasi yang diterima para ibu saat masa perencanaan kehamilan, kehamilan dan menyusui memiliki peran penting dalam menentukan perkembangan bayi keseluruhan sejak berada dalam kandungan hingga pertumbuhan masa kanak-kanak yang di kemudian hari dapat mempengaruhi kesehatan mereka saat mencapai dewasa." 



Ibu hamil maupun ibu menyusui memerlukan makanan sehat yang tinggi gizi, maka diperlukan strategi dalam pemilihan makanan yang akan dikonsumsi ibu diantaranya :

  • Makan secara teratur dengan pola yang sehat dan seimbang untuk tetap memproduksi kualitas ASI yang optimal.
  • Makan makanan yang mengandung banyak vitamin, kalsium dan serat
  • Tidak terfokuskan pada program penurunan berat badan 

Pola makan yang sehat dan seimbang untuk ibu hamil dan menyusui


Zat Gizi Yang Penting Di Saat Menyusui 





Lalu, Apakah produksi ASI akan menurun?

DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), dokter spesialis anak konsultan di RSAB Harapan Kita, menjelaskan, "Ibu yang berpotensi mengalami menurunnya produksi ASI adalah mereka yang mengalami stres atau kelelahan bekerja setelah cuti melahirkan, ibu yang sakit dalam kurun waktu tertentu sehingga tidak dapat menyusui langsung, dan ibu yang merasa tidak nyaman secara psikologis karena mendapat tekanan dari keluarga ataupun lingkungan sosialnya. Ibu disarnkan segera melakukan relaktasi ketika tidak memproduksi ASI selama dua minggu berturut-turut dalam masa enam bulan pertama ASI eksklusif." 


DR. dr. Ariani Dewi Widodo Menjelaskan Perihal Produksi ASI 

Bagaimana cara merelaktasi agar produksi ASI kembali?

"Ibu harus lebih intensif untuk menyusui langsung, didukung dengan pijat laktasi atau lebih dikenal juga sebagai piat oksitosin setiap hari. Bagi ibu bekerja, harus disiplin dalam emompa dan menyimpan ASI saat mereka sedang di kantor dan selalu menyusui langsung setiap kali berada di rumah bersama bayi mereka. Agar berhasil dalam relaktasi, para ibu wajib menerapkan teknik yang benar, memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendapatkan dukungan psikologis dari keluarga dan lingkungan sosial" Tambah DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)

DR. dr. Ariani Menjelaskan Sekaligus Mempraktekkan Cara Pijat Oksitosin


Tips Relaktasi Untuk Memproduksi ASI Kembali :

  • Supply = Demand
  • Banyak minum air putih
  • Curi waktu untuk istirahat
  • Mengkonsumsi suplemen seperti Galaktagog 
  • Pompa ASI diperiksa 
  • Bonding diperkuat seperti skin to skin dan pijat bayi
  • pijat oksitosin 
  • Suplemen Nursing System 
  • Dukungan keluarga, teman, dan tenaga kesehatan 

Pada sesi selanjutnya, ibu Bernadeth Virna, Sr. Brand Manager Anmum, PT. Forterra Brands Indonesia menjelaskan beberapa fakta mengenai tantangan selama masa menyusui yang perlu diketahui diantaranya ialah : 

  • Fakta Pertama 
    Momen-momen baru dan mengejutkan selama masa menyusui tidak hanya dialami oleh ibu baru, melainkan juga oleh ibu yang sudah berpengalaman. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu tekanan emosional dan tekanan fisik. Tekanan yang dirasakan ibu selama masa menyusui dikarenakan ibu tidak mampu mengatasi rasa panik dan depresi yang berujunng pada masalah produksi ASI sehingga Ia rentan mengalami Baby-blues, rendahnya rasa percaya diri, dan kegagalan dalam memberikan ASI eksklusif. 
  • Fakta Kedua 
    Pengalaman adalah bimbingan yang efektif untuk metode pengasuhan anak. Dalam pengasuhan, ibu berpengalaman akan bekerja sama dengan suami dalam mengembangkan metode pengasuhan untuk semua anak. Sedangkan bagi ibu baru akan lebih mengandalkan saran dan pengalaman dari ibu. 
Baik untuk ibu baru maupun ibu yang berpengalaman, solusi terakhir ketika ingin mendapatkan jawaban ataupun informasi ialah internet. Internet menjadi sumber informasi yang handal dan dapat dipercaya dalam mengembangkan gaya pengasuhan. Dalam penyampaian fakta tersebut ibu Virna membuka acara inti yaitu Media Launching Anmum #MumToMum sebagai bukti cinta Anmum kepada para ibu Indonesia. Anmum #MumToMum dirancang khusus untuk ibu baru maupun ibu pengalaman sebagai wadah mencari informasi dan berbagi cerita perjalanan luar biasa mereka. Berdasarkan pengalaman dari ibu dan informasi yang dapat dioercaya terciptalah sebuah platform digital online yang mudah diakses dengan telepon genggam para ibu. Peluncuran platform Anmum #MumToMum menjadi sebuah dukungan luar biasa dari mum untuk mum dan berpengaruh penting bagi para ibu. 

Ibu Bernadeth Virna menjelaskan inovasi terbaru Anmum yaitu Anmum #MumToMum

Bagaimana Cara Untuk Bergabung di Platform Online Anmum #MumToMum?

Tampilan website anmum.co.id 

Untuk menjadi bagian dari Anmum #MumToMum sangat mudah dan dapat diakses dimana saja, kapan saja hanya dengan menggunakan Smartphone Mum. Ikuti petunjuk di bawah ini ya Mums!
  1. Klik pada kolom search https://www.anmum.com/id maka akan muncul tampilan website Anmum Indonesia,
  2. Klik Info Lengkap pada smartphone Mum, 
  3. Kemudian, klik Gabung Sekarang, akan muncul tab baru yang akan mengarahkan Mums kepada Form Online yang meliputi nama, alamat email, nomor telepon, dan kolom untuk berbagi pengalaman atau pertanyaan kepada Anmum Indonesia
Sangat mudah bukan Mum? Yuk sekarang waktunya Mum bergabung bersama Anmum #MumToMum untuk terus mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya.

Untuk yang ingin merencanakan kehamilan, sangat perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi Anmum Materna dan menjaga pola makan sehat selama perencanaan. Anmum materna dapat dikonsumsi sejak awal perencanaan dan selama masa kehamilan hingga melahirkan. Kemudian, dilanjutkan dengan mengkonsumsi Anmum Lacta agar lengkap dalam pemenuhan nutrisi selama menyusui. Dan berusaha untuk memberikan ASI Eksklusif hingga usia enam bulan karena ASI adalah makanan terbaik untuk tumbuh kembang si kecil. 


Anmum Materna dan Anmum Lacta 


Info lebih lanjut tentang Anmum Indonesia 
Fanpage : Anmum Indonesia 
Instagram : @Anmum_Indonesia
Twitter : @AnmumIndonesia 

You Might Also Like

25 komentar

  1. Keren memang inisiatif Anmum Indonesia untuk platform #MumToMum ini ya Mbak..
    Semoga bisa jadi sarana para ibu di Indonesia untuk sharing, mencari informasi serta berdiskusi tentang kehamilan dan masa menyusui

    BalasHapus
  2. Halo mba Inka.. Haha udah nama kita sama, kameranya sama, pengalamannya juga ampir mirip nih anak pertama gagal asix dan balas dendam anak kedua kudu bisa asix ! Hahaa. Alhamdulillah sekarang ada wadah kayak MumToMum dari Anmum yaa biar sesama mums bisa saling support :)

    Www.inkaparamita.com

    BalasHapus
  3. Keren banget Anmum mendukung para ibu di dunia digital ini dengan meluncurkan #AnmumMumToMum

    BalasHapus
  4. Aku juga ikutan mumtomum, semoga dapet jwaban yg membantu dari kegalauan ibu baru.

    BalasHapus
  5. Aku sering lho pijat oksitosin sama suami dan itu rasanya enak banget. Ternyata bukan hanya bikin relax, tapi juga memproduksi ASIku makin banyak.

    BalasHapus
  6. Wah, menarik ini ya aplikasinya, jadi lebih update soal kesehatan ibu hamil tanpa ribet.

    BalasHapus
  7. Wah tambah lagi ya pilihan platform informasi dari Anmum. Utk ortu jadi makin bertambah lagi deh referensinya.

    BalasHapus
  8. Memang semua wanita kalau habis lahiran pasti galau dengan urusan menyusui, aku juga dulu termasuk didalamnya tapi alhamdulillah support keluarga sangat membantu.

    BalasHapus
  9. Dukungan keluarga sangat membantu kita buat semangat menyusui dan manfaat menyusui tidak hanya dirasakan sama ibu tapi juga sang anak

    BalasHapus
  10. Soal menyusui blm ada pengalaman krn belum punya baby. Note nih mbak buat tambahan ilmu ketika saya dikaruniai anak. Doain yaa

    BalasHapus
  11. Ngomongin soal annum. Dulu saya pernah mencoba produknya mba waktu hamil. Dan dari semua produk susu untuk ibu hamil. Annum ini yang paling enak

    BalasHapus
  12. Bagus aplikasinya. Apalagi buat yang baru pertama hamil bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat di sana

    BalasHapus
  13. Hampir semua product mendigital dirinya menjadi sebuah platform. Ini sangat penting tuntutan jaman. Anmum adalah product bermutu untuk ibu hamil dan menyusui

    BalasHapus
  14. Aku baru tau aplikas ini, nice info mbaa. Bermanfaay buat aku seorg busui yg newbie~ cerita menyusui memang ga terlupakan yaa

    BalasHapus
  15. Pemberian ASI Eksklusif penting banget buat dede bayi yah mbak. Dapat wawasan baru saya untuk masa depan kelak dipraktekkan

    BalasHapus
  16. Drama menyusui memang nano-nano, bentar lagi aku tahap menyusui nih. Semoga platform digital ini bisa jadi teman

    BalasHapus
  17. Wah nanti aku rekomendasikan platformnya ke sepupuku yang msh menyusui ya. Btw aku dulu jg pas menyusui minumnya Anmum lho :D

    BalasHapus
  18. Saya setuju bangeeet soal ibu stress ASI nya dikitttt. Pengalaman soalnya dulu pasca cesar n suami gak ad ak kena baby blues n ASI ku sereeeeet banget. Makanya pas hamil ke dua ini hrs bnr2 kasih 'pemahaman' ke keluarga.

    BalasHapus
  19. Masya Allah mbak. aq mupenggg pengen jugaa diundang acara keren ini. kpan dong anmum ke surabaya jugaaa ��

    BalasHapus
  20. Ikut talkshow disini ilmunya berdaging banget loh. Saya suka, jadi semangat memberitahu teman2 yg suka mengeluh asi sedikit

    BalasHapus
  21. di Anmum MumToMum saya paling seneng baca kisah2 pengalaman dari sesama ibu dalam menjalani perannya sebagai orang tua.. dari situ saya banyak belajar untuk selalu koreksi diri bahwa menjadi orang tua itu bukan tentang kesempurnaan, tapi tentang sebuah proses belajar yang menjadikan kita semakin baik..

    BalasHapus
  22. Programnya Anmum ini bagus banget ya mbak, apalagi sesama para ibu atau calon ibu pun bisa jadi tambah pengalaman lewat cerita-ceritanya. Apalagi kalau bisa membantu sesama ibu dan calon ibu.

    BalasHapus
  23. Senangnya bisa saling support meski hanya melalui aplikasi. Pengalaman orang lain dalam merawat anak bisa kita intip ya mba di sini

    BalasHapus
  24. dukungan keluarga khususnya suami merupakan hal penting bagi ibu yang baru menyusui
    saya dulu juga nyesal menyerah kasi ASI
    semoga dengan adanya program ini ibu ibu bisa jadi semangat dan saling memotivasi

    BalasHapus
  25. Sekarang banyak aplikasi soal kehamilan yaaa :) bagus banget jadi para calon ibu tidak ketinggalan info penting.

    BalasHapus

Like us on Facebook

Popular Posts