Sentuhan Cinta Ibu: Stimulasi Terbaik Untuk Si Kecil

Juni 08, 2018

Sentuhan dan pijatan yang diberikan kepada anak adalah stimulus terbaik yang memberikan dampak positif untuk anak. Pijatan yang ibu berikan dengan penuh kasih sayang dan juga menyenangkan. Ketika pemijatan diberikan, ibu dan anak menjalin ikatan (Bonding) melalui Sentuhan Cinta jari-jemari ibu.

Penuh rasa gembira, saya bisa hadir dalam acara Jonhson's Sentuhan Cinta dan The Urban Mama Blogger Meet Up yang disponsori oleh Jonhson's Baby Indonesia pada hari Selasa, 5 Juni 2018 dengan tema "Manfaat Pijat Bayi Bagi Perkembangan Si Kecil" yang bertempat di Gudang Gudang Yoga Studio, Kemang - Jakarta Selatan.  

Johnson’s® sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, meluncurkan inisiatif terbarunya, yakni "Sentuhan Cinta". Program ini mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada bayi di seluruh Indonesia untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang, dan menggapai impian mereka. 

Dalam menjalankan inisiatif tersebut, Johnson’s® bekerja sama dengan Save the Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program "Kesehatan Ibu dan Anak". Melalui program Sentuhan Cinta, Johnson’s® akan memulai perjalanan dan mengadvokasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi seperti Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara.
Kita bisa mengikuti program Sentuhan Cinta dengan cara membeli produk Johnson's Baby minimal Rp. 25.000,- di Alfamart atau Johnsons Baby Care  Collection di Tokopedia. Setiap transaksi ini otomatis akan menyumbang Rp. 500,- untuk program Sentuhan Cinta.

Paket Johnson's Baby 

Acara Johnson’s® Sentuhan Cinta merupakan bentuk apresiasi Ibu Wine Lukman selaku Brand Manager Johnson's Baby Indonesia kepada seluruh ibu di Indonesia untuk belajar dan mempraktikkan cara pijat bayi agar dapat dilakukan di rumah. Ibu Wine membagikan sedikit pengalamannya mengenai ruam popok yang terjadi pada buah hatinya dan bisa smebuh menggunakan Johnson’s® Baby.

Ibu Wine Lukman Memberikan Sambutan

Pada sesi kedua, dr. Matahari Harumdini, SpA sebagai narasumber memberikan penjelasan mengenai  pentingnya masa neonatal dan manfaat pijat bayi bagi perkembangan si kecil. Saya sendiri belum mengetahui lebih jauh mengenai masa neonatal maka akan saya ulas sedikit tentang masa neonatal. Neo artinya Baru dan Natal artinya lahir. Menurut istilah Neonatal merupakan suatu keadaan yang ada dalam kehidupan pertama pada bayi. Kehidupan pertama yang dialami oleh bayi tersebut pada usia 28 hari. Dalam neonatal, bayi harus menyesuaikan keadaan yang ada pada luar rahim. Mengingat bahwa selama ini bayi hidup dalam rahim pada saat lahir seluruh organ tubuh pada bayi harus bisa melakukan penyesuaian dengan keadaan di luar rahim. Bayi baru lahir sangat rentan terutama diawal masa kehidupannya yaitu 28 hari. 
dr. Matahari menjelaskan tentang stimulasi pijat bayi

Sejak dilahirkan, bayi belajar melalui semua panca inderanya setiap hari. Ia belajar menatap bayangan yang ada di depannya, belajar menggenggam dengan kedua tangannya, belajar merasa dengan indera mulutnya. Maka perlu memberikan stimulasi sejak dini untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan kesehatan yang baik bagi si kecil. Tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya (Kecerdasan, Emosi, Fisik dan Mental). Perlu penanganan khusus dan stimulasi sehari-hari yang rutin dalam merawat si kecil. Tips untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi menurut dr. Matahari Harumdini, SpA antara lain: Memenuhi kebutuhan fisik (ASUH), memberikan kasih sayang (ASIH) dan memberikan stimulasi (ASAH). 
Sesi tanya jawab bersama dr. Matahari

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan stimulasi pijat?
Pada bayi aterm (cukup bulan) maupun prematur (kurang bulan) yang telah stabil, stimulasi pijat dapat dilakukan kapanpun saat orang tua ingin memulai. Pemijatan sebaiknya dilakukan setiap hari pada 6-7 bulan pertama usia bayi, dengan teknik yang benar dan dalam suasana yang nyaman. Memberikan stimulasi dapat dilakukan ketika melakukan aktivitas mandi, makan, bermain, persiapan tidur, dan memberikan stimulasi pijat. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa kegiatan mandi yang dilakukan secara stimulasi multi-sensori, memberikan manfaat berupa: berkurangnya tangisan dan stres bayi, pertambahan berat badan, terbentuknya kemampuan komunikasi dan memperbaiki kuantitas dan kualitas tidur bayi.

Apa saja manfaat stimulasi pijat bagi bayi?
  1. Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
  2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah dan pernapasan
  3. Meningkatkan sistem imunitas
  4. Membuat ikatan antara bayi dan orangtua
  5. Menurunkan produksi hormon stresor 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pijat bayi :
  1. Ibu melakukan kontak mata dengan bayi saat pemijatan
  2. Ibu membuat suasana yang menyenangkan dan penuh kasih sayang
  3. Memilih tempat yang nyaman untuk ibu dan bayi
  4. Mengatur posisi bayi yang nyaman dan aman saat melakukan pijat bayi
  5. Mulai dengan sentuhan ringan dan perlahan tingkatkan tekanan pijatan saat bayi merasa nyaman
  6. Hindari pemakaian baby oil atau lotion pada area wajah
  7. Ibu mengajak berbicara atau menyanyikan lagu agar lebih rileks
Rangkaian Produk Perawatan Johnson's Baby 

Pada kesempatan kali ini, Johnson’s® menjadi wadah para ibu untuk belajar cara memijat bayi yang tepat. Senang sekali saya dan ibu lainnya dapat diajarkan langsung cara memijat bayi oleh Ibu Ina selaku bidang ahli ilmu pijat bayi. Berikut akan saya jabarkan langkah-langkah dalam melakukan pijat bayi berdasarkan modul pijat bayi dari Johnson’s® Baby Indonesia.
Ibu Ina mempraktekkan cara pijat bayi

Langkah-Langkah Stimulasi Pijat Bayi dari Johnson’s® Baby Indonesia
     I. Pijatan Wajah
  1. Caress Love 
    Mengusap dengan rasa sayang dimulai dari garis tengah wajah ke arah samping seperti membuka buku. 
  2. Relax
    Pijat daerah di atas alis dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari 
  3. Circle Down
    Pijat mulai dari kedua sudut mata bagian dalam turun melewati pangkal hidung, sampai tulang pipi, dengan gerakan memutar perlahan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk. 
  4. Smile
    Pijat di atas mulut bayi menggunakan ibu jari dari tengah ke samping kemudian ke arah pipi seperti senyuman bayi. Kemudian pijat di atas dagu mulai dari tengah ke samping menuju ke arah pipi seolah membuat bayi tersenyum.
  5. Cute
    Akhiri pijatan wajah dengan gerakan lingkaran kecil mulai dari daerah di bawah telinga menuju dagu dengan menggunakan tiga jari. 

  II. Pijatan Dada
  1. Butterfly (Pijatan Kupu-Kupu)
    Letakkan kedua telapak tangan di tengah dada bayi. Gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher kemudian ke samping, ke bawah dan kembali ke tengah tanpa mengangkat tangan, menyerupai sayap kupu-kupu.
  2. Cross (Pijatan Menyilang)
    Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dengan telapak tangan dari pinggang ke arah bahu dan sebaliknya bergantian kanan dan kiri.
     
     III. Pijatan Perut  
  1. Mengayuh
    Letakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati. Gerakan telapak tangan ke bawah dengan tekanan lembut sampai di bawah pusar. Ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.
  2. Bulan - Matahari
    Pijat dengan telapak tangan kanan, mulai dari perut kanan bawah bayi ke atas, menuju ke perut kiri bawah bayi searah jarum jam (gerakan bulan). Lanjutkan pijatan dengan tangan kiri dengan gerakan berputar, mulai perut sebelah kanan bawah bayi ke atas mengikuti arah jarum jam, membentuk lingkaran penuh (gerakan matahari).
  3. I Love You 
    I : Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari perut kiri atas bayi lurus ke bawa
    Love : Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari kanan atas ke kiri atas perut bayi, kemudian ke bawah membentuk huruf L terbalik.
    You : Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari perut kanan bawa ke atas, kemudian ke perut kiri atas menuju ke bawah, membentuk huruf U terbalik. 
  4. Relax 
    Akhiri pijatan perut dengan mengangkat dan menekuk kedua kaki bayi hingga bagian
    paha menyentuh perut, kemudian menekan perlahan ke arah perut.

     IV. Pijatan Tangan
  1. Milking (Pijatan Memerah)
    a. Milking

    Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang alat pukul softball. Buat gerakan seperti memerah dengan menggerakan tangan kanan dan kiri dari pangkal lengan atas ke pergelangan tangan secara bergantian dan berulang-ulang.
  2. Rolling (Pijatan Menggulung)
    Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung mulai dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan. 
  3. Squeezing (Pijatan Memeras)
    Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal lengan ke pergelangan tangan dengan kedua tangan.
  4. Thumb After Thumb
    Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari-jari menggunakan kedua ibu jari. Pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari-jari menggunakan kedua ibu jari.
  5. Spiral
    Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari
  6. Finger Shake 
    Goyang dan tarik lembut setiap jari tangan bayi
  7. Relax (Gerakan Relaksasi)
    a. Tangan disilangkan

    Pegang pergelangan tangan bayi dan disilangkan keduanya di dada. Luruskan kembali kedua tangan bayi ke samping, ulang gerakan ini beberapa kali.

    b. Diagonal tangan-kaki
    Pertemukan ujung kaki kanan dan ujung tangan kiri bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kanan dan tangan kiri ke posisi semula. Pertemukan ujung kaki kiri dan ujung tangan kanan bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kiri dan tangan kanan bayi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan berulang-ulang.
     V. Pijatan Kaki 
  1. Milking (Pijatan Memerah)
    Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul sofftball. Buat gerakan seperti memerah dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri ke bawah dari pangkal paha ke tumit secara bergantian dan berulang-ulang. 
  2. Squeezing (Pijatan Memeras)
    Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal paha ke pergelangan kaki dengan kedua tangan.
  3. Thumb After Thumb 
    Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari tumit ke arah jari-jari menggunakan kedua ibu jari. Pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari tumit ke arah jari-jari menggunakan kedua ibu jari.
  4. Spiral (Pijatan Melingkar)
    Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Pijat seluruh permukaan punggung mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari menggunakan kedua ibu jari. 
  5. Finger Shake 
    Goyang dan tarik lembut setiap jari kaki bayi. 
  6. Relax
    Pegang kedua pergelangan kaki bayi. Silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu mata kaki kiri dalam. Lakukan secara bergantian dan berulang-ulang. 
     VI. Pijatan Punggung 
  1. Go Back-Forward (Pijatan Maju Mundur)
    Tengkurapkan bayi melintang di depan pemijat, dengan kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan pemijat. Posisi telapak tangan tegak lurus teradap tulang punggung bayi. Lakukan gerakan maju mundur, menggunakan telapak tangan di sepanjang punggung dari leher sampai ke bokong bayi. 
  2. Slip (Pijatan Meluncur)
    Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan lurus dari atas ke bawah, dari leher sampai bokong. 
  3. Mengayuh
    Letakkan telapak tangan kanan tegak lurus terhadap tulang belakang. Gerakkan tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai bokong. Ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali. 
  4. Spiral (Pijatan Melingkar)
    Buat gerakan melingkar kecil di sepanjang otot punggung, mulai dari bahu sampai bokong sebelah kiri dan kanan, dengan menggunakan tiga jari.
  5. Menggaruk
    Akhiri pijatan punggung dengan membuat beberapa kali belaian memanjang, dari leher menuju bokong, dengan menggunakan ujung-ujung jari.

Mudah bukan memijat bayi? Selain banyak manfaatnya, stimulasi memijat bayi juga sangat menyenangkan dan dapat dilakukan di rumah. Dan jangan lupa menggunakan rangkaian perawatan bayi dari Jonhson's Baby untuk si kecil. Beli produk Johnson's Baby minimal Rp25.000,- di Alfamart atau Tokopedia, secara otomatis moms akan menyumbangkan Rp500,- untuk @savethechildren dan membantu mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.


informasi lebih lanjut: 
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter : @johnsonsbaby_id
Facebook : Johnsons Baby Indonesia


You Might Also Like

29 komentar

  1. Dari bayi anakku sudah diberi stimulasi pijatan lembut setelah mandi sama aku sendiri, namun sayang pengetahuan ini aku Baca Dari Google tanpa pengarahan langsung seperti acara jhonshons baby dengan urban mamah. Tapi Baca ini jadi lebih tau lagi cara-caranya..
    Soalnya produk baby Aku juga lebih suka jhonsons krn emang lebih bagus untuk anak. Tks sharingnya mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah good mom. Aku aja masih suka takut salah jd begitu anak mau pijat malah aku bawa ke baby spa huhu padahal pijat di rumah sm mommy nya pun sdh sgt efisien dan efektif utk tumbang nya

      Hapus
  2. Iya, dulu pas baru lahir anak2q juga dipijat. Tapi aq manggil tukang pijat bayi di kampung, karena aq sendiri belum bisa mijat bayi. �� ada juga sih kaset CD tentang pijat dr johnsons baby, tapi tetap aja aq belum berani praktiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus berani moms biar sekalian mempererat bonding sama baby

      Hapus
  3. Aku juga suka banget sesi pijat bayi. Setiap hari menyempatkan waktu untuk sesi pijat si kecil sebelum mandi. Kadang pengen juga ajak si kecil ke baby spa tapi belum sempat-sempat >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat nih bisa menyempatkan pijat si baby setiap sebelum mandi

      Hapus
  4. Ikh jadi pengen belajar pijat bayi juga. 2 tahun lalu, ketika anak saya lahir, saya belum bisa memijatnya karena belum tahu ilmunya. Sekarang pengen belajar agar bsa pijat anak ke 2. Aaaminnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo belajar pijat baby biar baby tumbuh sehat dan cerdas

      Hapus
  5. Whuaa saya bookmark ini ya mba. Anak saya udah 4 tahun agak susah kalo dipijat-pijat begini. Insya Allah nanti ada debay lagi bisa dipraktekin.

    BalasHapus
  6. paliiiing suka yang produk baby bath itu wanginya awet... tapi minyak nya juga enak ehhehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semua produk johnsons baby semuanya enak banget wangi nya

      Hapus
  7. Kebahagian bukan hanya milik anak kita dengan relax pijat tapi juga milik orang lain. Masih kecil,anak kita membiasakan berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba dengan membeli produk johnsons baby kita sudah berbagi kesempatan untuk anak lainnya yang membutuhkan

      Hapus
  8. Wah ada program donasinya yaaa. Makasih infonya :D
    Iya sebenarnya anak tu gak perlu dipijat yang keras2 asal disentuh oleh ibunya sendiri aja dia dah seneng banget ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anakku suka senyum senyum sampe ketawa pas aku pijitin. Karena seru mungkin ya dipijit bundanya

      Hapus
  9. Kalau ada program donasi asik ya bisa buat berdonasi juga. Produk baby bath bagus banget ya buat baby apalagi sambil dipijat oleh kita sendiri, selain anak juga bisa merasakan langsung kaaih sayang ibunya juga menambah kedekatan antara ibu dan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba membeli sambil beramal seru banget ya program nya

      Hapus
    2. Nanti kalau ada acara seperti ini lagi, saya mau dong mbak dicolek2 ��

      Hapus
  10. Jhonsons memang TOP..dr anak pertama sampe ke 4 saya selalu menggunakan Jhonsons,setiap kali mau melahirka. Pasti saya beli paketan yang ada CD pijat dan lagu utk menidurkan bayi,rasanya nyaman banget sambil pijat bayu sambil dengerin musiknya...kita aja nyaman apalagi bayi nya ya ...love bgt deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah senior konsumen nih haha aku baru ini pake johnsons baby dan nyaman bgt dipake baby

      Hapus
  11. Waktu krucils bayi sih aku masih sering mba pijat mereka dan bawa mereka ke baby spa. Tp semenjak usia sekitar 3tahunan, udah jarang tuh di pijat. Apalagi akrg, udah pada SD, malah kegelian klo di pijat. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi anak tetanggaku sudah SD dan masih minta dipijitin sama bundanya. Katanya enak dan gak sakit

      Hapus
  12. Waah sudah banyak sekali rangkaian product baby spa. Skin to skin ibu dan baby dapat menguatkan ikatan bonding dan mendukung tumbuh kembang bayi. Selain relax. Peredaran darah menjadi lancar. Thanks for sharing mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betup sekali mba. Pijat itu bikin relax dan nyaman di tubuh. Kita aja suka enak kan badannya setelah dipijat kan ya gimana anak-anak pastinya happy banget

      Hapus
  13. Kesua anakku sudah dari lama kenal sama produk ini. Alhamdulillah mereka cocok s kali. Ditambah lagi dapat pengetahuan soal pijat bayi, lumayan bisa dipraktekkan dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah kereeen nih moms pake produk johnsons baby sudah lama ya. Sukaaa bgt sama wangi nya

      Hapus
  14. Panduannya lengkap, jadi bisa langsung di praktekan kepada anak :) pijatan ini untuk anak usia berapa ya bunsay? Kalau anak usia 4 tahun masih bermanfaat apa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dong bun.. Anak-anak pasti akan senang dipijat sama bundanya. Anak-anak bisa tumbuh dengan baik dan sempurna

      Hapus

Like us on Facebook

Popular Posts