Pemilihan Breast Pump yang Tepat Adalah Kunci Kesuksesan Menyusui

Juni 02, 2018

Memberikan ASI Ekslusif merupakan idaman para ibu yang baru melahirkan. ASI adalah nutrisi terbaik yang dibutuhkan si kecil dari usia 0-6 bulan. Kesadaran akan pentingnya pemberian ASI Ekslusif sudah meluas di kalangan masyarakat Indonesia. Bidang kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan klinik pun berkontribusi untuk memberikan edukasi kepada pasiennya terutama ibu hamil dan ibu yang baru melahirkan tentang manfaat yang luar biasa dari pemberian ASI Ekslusif. Selain itu, penggunaan ASI Perah mengubah mindset ibu menyusui agar bisa terus memberikan ASI Eksklusif untuk si kecil ketika harus kembali bekerja atau sekedar menabung untuk persiapan ketika ibu menyusui harus bepergian tanpa membawa si kecil. Dan hal ini mengurangi frekuensi pemberian susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan. 


Banyak ibu menyusui yang dituntut harus kembali bekerja setelah melalui cuti melahirkan selama 3 bulan lamanya. ASI Perah merupakan solusi tepat sebagai pengganti teknik menyusui secara langsung. Praktik memerah ASI mudah dilakukan baik menggunakan tangan si ibu maupun menggunakan pompa asi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Breast Pump. Beberapa perusahaan mengambil peluang dan mulai memproduksi alat pompa ASI dengan berbagai tipe dan harga yang menarik tentunya. Perusahaan memproduksi alat pompa ASI mulai dari yang manual hingga elektrik menggunakan sistem charging atau usb. Memilih alat pompa ASI seringkali membuat para ibu kebingungan dan memusingkan sebab setiap alat pompa ASI yang dikeluarkan oleh setiap perusahaan memiliki keunggulan masing-masing. Ada diantara para ibu yang belum memiliki pengalaman menggunakan breast pump. Kini telah banyak para influencer yang memberikan testimoni perihal breast pump yang mereka gunakan tetapi, pengalaman setiap orang akan berbeda dengan pengalaman ibu lainnya. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk memberikan tips cermat dalam memilih alat pompa ASI yang tepat dan nyaman untuk digunakan. 

Tips Cermat Memilih Pompa ASI 

  1. Menentukan Pompa ASI Manual atau Elektrik
    Saat ini pembelian pompa ASI elektrik sangat tinggi dibandingkan dengan manual. Perbedaan dari pompa ASI manual dengan elektrik ada di cara kerjanya. Pompa ASI manual bekerja menggunakan tenaga tangan dengan menekan tuas pada pompa agar dapat menyedot ASI keluar. Sedangkan pompa ASI elektrik menggunakan mesin yang bekerja dengan dialirkan listrik atau sudah ter-charging sehingga ibu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyedot ASI keluar. Saya tidak menganjurkan untuk menyewa pompa ASI karena untuk menjaga kebersihan dan kesterilan. Lebih baik mintalah saran dari teman yang menggunakan breast pump atau mencari review mengenai manual atau elektrik di sosial media maupun google.
  2. Pilihlah Pompa ASI yang Sesuai Budget
    Pompa ASI tidaklah harus yang mahal karena banyak perusahaan yang mengeluarkan pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan para ibu menyusui. Untuk harga pompa ASI manual dan elektrik benar memang berbeda. Pompa ASI elektrik lebih mahal dibandingkan manual. Pompa ASI elektrik biasanya dibandrol dengan harga mulai dari 1-3 juta, sedangkan pompa ASI manual biasanya antara 350-900 ribu rupiah. Belum tentu yang mahal akan lebih bagus, karena pompa ASI harus sesuai dengan kenyamanan ibu dan  yang murah belum tentu tidak bagus. Oleh karena itu, pilihlah pompa ASI yang sesuai budget Bunda.
  3. Carilah Pompa ASI yang Praktis
    Karena dibutuhkan mobilitas yang tinggi jadi bunda harus memilih breast pump yang praktis dibawa kemana saja. Untuk breast pump manual pastinya sangat praktis dan ringkas namun ada kendala pada cara kerjanya yaitu menggunakan tenaga tangan. Hal ini kurang membantu jika ibu memiliki aktivitas yang padat. Saya menyarankan memilih breast pump elektrik jika ibu memiliki segudang aktivitas dan membutuhkan kecepatan waktu selama pumping. Untuk daya pada breast pump elektrik bervariasi, ada yang harus dihubungkan ke listrik, ada yang bisa di charge, ada juga yang bisa bekerja menggunakan baterai AA.
  4. Spare Part Harus yang Mudah Di dapatSekali lagi saya tekankan, jangan membeli breast pump yang sulit untuk didapat spare partnya. Berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, saya menggunakan breast pump impor yang dikatakan sangat murah dibandrol dengan harga Rp150.000,-/set (2 botol, 2 selang, 1 mesin elektrik). Pada saat itu breast pump ini sangat naik daun di kalangan ibu menyusui karena selain harganya yang sangat terjangkau, breast pump ini juga mudah dibersihkan. Akan tetapi, spare part breast pump ini sangat sulit didapatkan di Indonesia. Ketika mesin elektrik rusak atau mati, tidak ada gerai service di Indonesia akhirnya kembali ke toko online tersebut untuk membeli barang ini lagi. Disini bunda jadi dua kali mengeluarkan budget untuk breast pump itu sendiri.
  5. Hindari Pompa ASI yang Bersuara Berisik
    Hampir semua pompa ASI elektrik maupun manual akan mengeluarkan suara. Untuk breast pump elektrik banyak yang mengeluarkan suara yang halus sampai sangat halus tetapi ada juga yang mengeluarkan suara yang agak berisik. Terkadang pompa ASI yang berisik sangat mengganggu pendengaran, jadi pilihlah pompa ASI yang mengeluarkan suara halus dan tidak mengganggu pendengaran agar bunda nyaman dan percaya diri ketika sedang pumping di tempat umum.
  6. Perhatikan Kecepatan Pompa ASI 
    Beberapa pompa ASI ada yang memiliki kemampuan daya hisap yang teratur ada juga yang sangat lambat. Jika ibu memiliki kegiatan yang banyak atau tidak bisa izin lama-lama untuk pumping, pilihlah breast pump yang memilik kemampuan suction yang cepat dan teratur. Namun, jika ibu hanya stay di rumah atau ibu rumah tangga kembali lagi ke pilihan ibu dan kebutuhan ibu sendiri.
  7. Bersertifikat!
    Untuk poin ini, penting ya bun. Karena breast pump adalah benda yang harus selalu steril baik saat proses pembuatannya maupun penggunaan di rumah. Jika breast pump yang bersertifikat artinya Ia telah lolos dari bahan yang berbahaya untuk kesehatan. Botol pada breast pump biasanya terbuat dari plastik, selang dan siliconnya pun terbuat dari bahan karet. Oleh karena itu, ibu menyusui yang hendak melalui proses pumping perlu memastikan breast pump pilihannya sudah BPA Free atau latex Free. Jangan kemakan trend ya bun jika pompa asi tesebut belum lolos dari pantauan kesehatan, Be a smart mom!
Pada hari Jumat, 1 Juni 2018, saya berkunjung ke salah satu pameran ibu dan anak di bilangan Jakarta Selatan (aka Senayan). Di pameran tersebut banyak diantaranya booth yang menjual breast pump. Saya tertarik untuk menjelajahi satu per satu booth yang menjual produk pompa asi sampai saya mengumpulkan semua informasi mengenai beragam pompa asi. Promo yang mereka tawarkan sangat jauh dari harga normal, selain itu mereka memberikan tambahan diskon atau hadiah jika berbelanja saat itu juga. Saya tertarik dengan salah satu merek pompa asi yang memang belum begitu masyhur di telingan ibu-ibu pejuang ASI. Produk ini memiliki kelebihan yang cukup lengkap bahkan sangat cocok dengan kebutuhan ibu. 


Pompa asi ini diimpor dari Gea Medical PT. Mega Pratama Medicalindo. Hi Bebe Plus BT-100 Electric Breast Pump adalah produk kategori pompa asi dari GEA Baby yang dibuat di Republik Korea dan memiliki sertifikat dari FDA, CE, ISO 13485, GMP, Kemenkes RI AKL 21104714245. Hi Bebe Plus BT-100 Electric Breast Pump memenuhi ke-7 tips yang saya paparkan di atas dan tentunya masih banyak keunggulan dari produk ini. Harga promo pada saat pameran di Mommy N' Me pada 1 -3 Juni 2018 dibandrol dengan harga Rp1.450.000,- harganya sangat terjangkau di kantong bunda. Hi Bebe Plus juga sangat ringan bun beratnya hanya 260 gram, jadi sangat mudah ya dibawa bepergian ataupun dibawa bekerja ke kantor. Hi Bebe Plus juga bergaransi resmi selama 2 tahun (servis), 1 tahun (mesin), 6 bulan (adaptor pengisi daya dan baterai). Kalau ibu tanya, berapa lama ya di-charge nya? Sangat cepat bun cukup 90 menit saja. Produk ini sudah bersertifikat dan bebas BPA atau bebas Latex ya bun. Nah berdasarkan penjelasan salah satu promotion girl disana, aku akan merangkum kelebihan dari Hi Bebe Plus BT-100 Electric Breast Pump. 

Keunggulan Hi Bebe Plus BT-100 Electric Breast Pump

  1. Double Breast Pump
    Hi bebe plus sangat kecil dan ringan untuk dibawa bepergian, dengan performa yang tetap optimal. Pemompaan ganda dan tekanan yang mumpuni membuat waktu pemompaan menjadi lebih singkat.
  2. Fine Suction and Cycle Control 
    Ada 10 tingkat penghisapan dan 3 tingkat kontrol siklus pada setiap tingkat penghisapan membantu proses pemompaan menjadi lebih nyaman.
  3. More Quiet Than Whispering Sound 
    Pengoperasian dengan suara yang tenang sehingga tidak mengganggu ibu dan bayi. Suara yang tenang memberikan kenyamanan bagi bayi yang sedang tertidur pulas.
  4. Closed Pumping System
    Hisapan udara dari unit Hi Bebe Plus akan terhalang diafragma untuk mencegah kontaminasi, struktur desain ini mencegah ASI mengalir kembali ke unit Hi Bebe Plus.
  5. Smart Memory Mode 
    Ketika ibu sudah menyesuaikan dan merekam frekuensi, tingkat pemompaan dan waktu pada setiap mode, ibu hanya perlu menyalakan Hi Bebe Plus untuk menjalankan mode pompa yang sudah terekam dalam memori sehingga ibu dapat berkonsentrasi pada pekerjaan lainnya.
  6. Easy To Use 
    Proses pemasangan, pelepasan, pembersihan dan pengeringan menjadi sangat mudah dan singkat dengan desain yang ergonomis.
  7. Rechargeable BatteryAdaptor tidak perlu dibawa pada saat pemompaan. Pemompaan dapat dilakukan tanpa kabel (wireless) hingga 150 menit. Mudah bukan bun?
  8. Light Weight and Small Size 
    Dengan ukuran Hi Bebe Plus yang kecil dan ringan, sangat membantu ibu membawa Hi Bebe kemanapun dengan sangat mudah. Tentunya tidak memakan tempat pada cooler bag bunda. 





Hi Bebe Plus BT-100 Electric Breast Pump sangat cocok dan praktis sesuai dengan kebutuhan ibu menyusui. Untuk info lebih lengkap dan pengorderan bunda bisa menghubungi beberapa kontak di bawah ini ya :

Website : www.geababy.com
Email : info@geababy.com
Instagram : @Geababy.id
Facebook : Bistos Indonesia 
HP : 08111025000



You Might Also Like

45 komentar

  1. Warna dan desainnya lucu yaa cocok untuk ibu muda macam kita hihi. Meskipun direct breast feeding tapi aku juga butuh macam gini nih, soalnya PD sebelah suka banjir-banjir dan jadi bengkak kalo ga pumping

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba gemes bgt warnanya, ini ngecas nya jg sebentar tp bs pake seharian.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Walaupun aku belum menikah tapi info seperti ini penting banget untuk referensi jika sudah mempunyai anak nanti produk apa yang reccomend untuk busui...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ini recommended banget buat para ibu menyusui. Gak bikin sakit tarikannya

      Hapus
  4. Iya ini penting banget ya kak soalnya menyusui adalah kunci utama untuk imun tubuh baby kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba, Tuhan ciptakan ASI sbg nutrisi yg terbaik dan cocok buat baby.

      Hapus
  5. Wah pas banget lihat review Hi Bebe Plus BT-100 Electric Breast Pulp ini jadi dapet inspirasi buat kasih kado ke temen yang lagi menyusui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya kmrn aku sempet tanya juga ini cocok buat kado juga. Pasti yg dpt kado ini bakal happy bgt.

      Hapus
  6. Pengalaman saya menyusui Fayza selama 2.5 tahun menggunakan breast pump manual. Bersyukur saya full time mother. Jadi ketika Baby haus or lapar langsung feeding time. 5 tahun yang lalu tidak selengkap jaman now. Banyak berbagai pilihan. Apapun pilihan breast pump nya tetap harus positive feeling. Thinking karena hormon yang baik dapat memberikan kualitas Asi yang baik. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah hebat loh mba dirimu mengASIhi sampai 2.5 tahun. Iya zaman skrg makin lengkap pilihannnya mbak.

      Hapus
  7. Aku sih belum butuh benda ini tapi kalo liat fungsinya bermanfaat sekali, apalagi dibeli dengan harga promo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe aku jg full dbf mbak cm ketika PD penuh dan baby lg bobo ya harus aku pumping untuk produksi makin melimpah

      Hapus
  8. Pompa asi bikin ibu happy, asupan gizi terjaga untuk sang anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah bisa sambil cek status atau buka lambe turah mbak

      Hapus
  9. Baru denger merk ini, bagus juga ya ternyata gak kalah sama brand lainnya. Harga jg cukup terjangkau untuk breadpump elektrik yg bagus seperti Gea baby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini brand baru mbak dr korea. Kualitasnya udah dijamin dan hebatnya ini ada sertifikat kemenkes

      Hapus
  10. Aku nyesel gak tau brand ini. Kemaren semoat gakau pemilihan pompa karena jujur capek kalo pake manual. Pengennya yang elektrik dan harganya gak bikin merinding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa capek ngengkol nya klo manual. Ini lagi promo mbak cus buka ig nya

      Hapus
  11. Wah kemarin waktu acara yoga di banjarmasin ada bootg pompa ini juga euy. Sayang sekarang aku sudah nggak pumping lagi jadinya nggak bisa beli deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoook buat dedek biar bs pale pompa terthebest ini

      Hapus
  12. aku kemaren pake pumping yang 10ribuan ... aslinya mah mupeng banget pake yang beginian, eh tapi ini harganya udah lumayan terjangkau yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi 100 ribuan kali ya mbak maksudnya. Ini terjangkau banget mbak.

      Hapus
  13. ternyata g bisa sembarangan ya cari pompa asi. Saya belum.pengalaman sih, makasih loh mbak pengetahuan yang faedah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga terus bermanfaat buat yg lagi cari breastpump

      Hapus
  14. Aku juga dulu pakai pompa ASI Manual karena yang elektrik lbh mahal. Tapi nggak mempengaruhi kualitas ASI ku juga sih yang penting tips cermat tadi terpenuhi dan menghasilkan ASI utk si kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak pompa asi baik manual dan elektrik sama saja yang terpenting nutrisi ibu menyusui harus terpenuhi.

      Hapus
  15. Ya Allah harga breast pump skrg yaa. Sampai 1,45. Saya pakai yg manual dulu harganya masih 100K.

    Memang mencari breast pump tuh kayak nyari jodoh. Bukan karena harga. Tapi nyaman saat memompa. Dan tidak membuat PD kita sakita atau kita jadi meriang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar sekali mbak. Karena yg murah pun bukan berarti tdk bagus

      Hapus
  16. Jadi ingat jaman menyusui anak pertama dulu. Karena ASI banyak dan melimpah sampai harus disimpan. Tapi waktu itu saya masih pakai pompa asi manual. Sepertinya jaman itu belum ada yang model elektrik. Memang, makin ke sini, apa-apa semakin canggih ya, semakin mempermudah ibu-ibu. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak memberi ASI pada anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang juga saya semakin banyak inovatif baru

      Hapus
  17. Note referensi buat saya. Tapi kalau puting blm keluar ngaruh nggak saat pemompaannya mbak? Apa harus dikeluarkan dulu di dokter wanita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak dong mbak. Justru ada yg putingnya kecil mrk pompa agar mudah dihisap baby

      Hapus
  18. bagus ya breast pump nya
    harga sesuai kwalitas juga
    tapi yg paling penting adalah bersertifikat ya
    karena itu menandakan aman bagi ibu dan bayi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini bersertifikat kemenkes mbak. Artinya bahan2 pembuat BP ini sgt teruji klinis

      Hapus
  19. Baru tahu merk Bistos Hi Bebe Plus ini mbak...
    Makin banyak aja ya pilihan pompa ASI sekarang. Spare part harus mudah didapat itu bener banget, supaya kalau pas asa yang macet mudah gantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu mudah dong mbak. Bistos memang brand baru asal korea tp gak sulit kok nyaru spare part nya

      Hapus
  20. Duh, saya dua kali beli breast pump dan dua2nya gagal.
    Sedih sih. Apalagi dalam kasusku, pumping itu untuk menggenjot produksi asi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem asi itu supply and demand jd perlu bgt pumping

      Hapus
  21. Aku kemarin mampir ke stand ini lho. Warna menggoda mata untuk mampir. Eh pas lihat lihat produknya bagus bagus. Mau aku rekomendasi in buat adikku ah. Sekalian aku kasih tau review ini, biar dia beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gemes ya warnanya mbak hihi sangat recommended deh

      Hapus
  22. wah ini merk baru apa emang udah lama ada sih? aku baru tau deh.. tapi cari BP tuh emang cocok2an, menurutku.. mau pakai harga yang paling mahal sekalipun, tapi kalau gak cocok, rasanya mubazir! hehehe.. tapi kalau liat dsri review nya aku jadi penasaran deh sama BPnya, nabung ahh buat beli..

    BalasHapus
  23. Cocok nih buat hadiah kelahiran ponakan baru saya, tapi harga lumayan mahal ya mba :(
    Tapi berdasarkan pengalaman saya yang ASI nya ga lancar, BP ini wajib punya kalau ingin berikan ASI ekslusif ke anak.

    BalasHapus
  24. Senjata semua ibu memyusui nih, terutama working mom yang selalu ngegembol ini kemana-mana. Setujuuu pilih yang jangan bersuara berisik krn kadang kita juga butuh mompa di mlm hari saat baby tidur, utk stok asip. Pernah tuh, ak baru juga mulai momoa, eehhh si baby bangun krn suara BP yang berisik.

    BalasHapus
  25. Dulu pernah sempat mau kerja tp galau krn susu g bs diperah. Udah mcm2 daya usaha tyt ttp ga bs. Entah knp lah itu. Haha. Atau salah beli pompa bs jg. Cb jd blogger dr dulu n bc artikel ini, pasti ga gt deh.. Hihi

    BalasHapus

Like us on Facebook

Popular Posts